Home Auto News Toyota Avanza 2016 Afsel Punya Fitur Baru, Indonesia?

Toyota Avanza 2016 Afsel Punya Fitur Baru, Indonesia?

0 172

Toyota Avanza 2016, Mobil sejuta umat, Toyota Avanza baru saja mendapat tambahan fitur keselamatan yang canggih. Hadirnya fitur baru ini akan membuat MPV andalan Toyota itu semakin aman dan memiliki daya saing yang lebih baik. Hanya saja fitur tersebut diperuntukkan Avanza yang dijual di Afrika Selatan.

Fitur keselamatan baru ini dihadirkan pada mobil Toyota tersebut untuk melengkapi versi standar. Adapun fitur keselamatan yang dibenamkan pada mobil keluarga tersebut adalah Vehicle Stability Control (VSC). Fitur ini dapat mendeteksi dan mencegah mobil tergelincir. Selain itu ada pula fitur Brake Assist (BA) yang dapat menambah tekanan pengereman ketika kondisi darurat.

Toyota di Afrika Selatan juga menyertakan fitur kontrol traksi untuk mencegah hilangnya traksi pada ban. Fitur tersebut menjadi fungsi kedua dari fitur ABS yang sudah tersedia pada Toyota Avanza.

Sebelumnya, Avanza versi Afrika Selatan sudah memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap. Mobil ini sudah dilengkapi kantong udara (airbag) penumpang depan, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Anti-lock Braking System (ABS), sabuk pengaman tiga titik, ISOFIX dan headrest tengah pada bangku kedua.

Di sana, Toyota Avanza ditawarkan dalam pilihan mesin 1NR-VE 1.300 cc VVT-i. Mesin ini dapat menyajikan daya sebesar 95,17 tk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 121 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Selain itu tersedia pula mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc yang dapat meledakkan tenaga sebesar 103,22 tk pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Untuk sistem perpindahan giginya ada dua versi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Toyota Avanza di Afrika Selatan dipasarkan dalam lima varian, antara lain 1.3 S, 1.3 SX, 1.5 SX, 1.5 SX AT, dan 1.5 TX. Seluruh tipe ditawarkan dengan pelek alloy berdiameter 15 inci, electric power steering, MID, electric front windows dan empat speaker audio yang dapat dikontrol melalui setir kemudi.

Sementara itu, di Tanah Air sebenarnya Toyota Avanza juga sudah memiliki sejumlah fitur penunjang keselamatan. Namun untuk fitur baru seperti Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan brake assist belum tersedia. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Indonesia memiliki alasan tersendiri mengapa fitur tersebut tidak dihadirkan pada Avanza untuk pasar Indonesia.

Dikutip dari DetikOto, Rouli Sijabat, selaku Public Relation Manager TAM mengungkapkan bahwa Avanza disesuaikan dengan masing-masing negara yang memasarkannya. Perlu diketahui, berbeda negara maka kebutuhan konsumennya juga tidak sama.

“Beda negara tentunya beda kebutuhan konsumennya dan kondisi medan jalanannya. Spec yang dihadirkan di Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan pasar di segmen low mpv,” ujar Rouli.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan fitur VSC, TRC dan brake assist juga akan dibenamkan di Avanza versi Indonesia. Untuk hal ini Rouli menyampaikan bahwa pihaknya sedang mempelajari kebutuhan konsumennya.

“TAM masih mempelajari dinamika kebutuhan konsumen di segmen ini dan jika ada kebutuhan, tentunya akan menyesuaikan,” jelasnya.

Jika Toyota Avanza 2016 di Indonesia punya fitur keselamatan baru seperti yang ditawarkan di Afrika Selatan, maka bisa menjadi poin plus tersendiri di mata konsumen.

Source: cc toyota avanza terbaru, fungsi abs pada mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply