Home Auto News Harga Renault Kwid Indonesia Setara LCGC, Ini Rahasianya

Harga Renault Kwid Indonesia Setara LCGC, Ini Rahasianya

0 419

Harga Renault Kwid Indonesia, Renault Kwid resmi menyapa publik di Tanah Air. Crossover mungil ini mengusung mesin berkapasitas 1.0 liter. Sedangkan harganya hanya mencapai Rp 117,7 jutaan.

Namun ada hal menarik di balik mobil baru Renault Kwid ini. Meskipun harganya terjangkau, mobil ini tidak termasuk low cost green car (LCGC). Demikian keterangan Ario Soerjo, Head of Sales and Marketing Division PT Auto Euro Indonesia (AEI) yang dilaporkan DetikOto.

“Dengan senang hati kita bilang mobil kita (Renault Kwid) bukan LCGC sama sekali tidak ikut program LCGC,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika Renault Kwid tergolong mobil LCGC, maka harus ada lokalisasi komponen dan target penjualan selama setahun. Sedangkan crossover merek Eropa ini sendiri diimpor dari India. Lantas apa yang menyebabkan harga Renault Kwid di Tanah Air bisa terjangkau?

Usut punya usut ternyata ada 5 rahasia mengapa Kwid dapat dijual dengan harga murah. Untuk lebih jelas berikut adalah 5 faktor yang membuat harga Renault Kwid Indonesia setara LCGC, yang dilansir dari Otomotifnet:

renault-kwid-indonesia-2016-2

Diameter pelek kecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil ini mengandalkan pelek berdiameter 13 inci yang dibalut ban dengan profil 155/80. Jenis yang digunakan adalah pelek kaleng, akan tetapi Renault menambahkan cover penutup.

Yang perlu digarisbawahi adalah lebar yang terlalu kecil sehingga membuat sektor kak-kaki tampak urus di belakang. Selain itu PCD yang dipakai adalah baut 3. Hal ini akan membuat pemilik mobil sedikit kesulitan untuk mencari pelek aftermarket.

Fitur keselamatan minim

Menurut data spesifikasi, Renault Kwid dilengkapi dengan fitur airbag untuk pengemudi. Akan tetapi bila dibandingkan dengan kompetitornya ada yang sudah memiliki airbag untuk penumpang depan. Hal inilah yang tidak tersedia pada Kwid.

Tidak hanya itu, mobil andalan Renault ini juga belum dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System). Sedangkan penumpang belakang hanya mendapat fasilitas sabuk pengaman dua titik, tanpa adanya dudukan ISOFIX.

Tanpa power window belakang

Penyebab berikutnya Kwid bisa terjangkau adalah absennya power window untuk penumpang belakang. Alhasil penumpang harus membukanya secara manual atau menggunakan sistem engkol. Pada Renault Kwid, power window tersedia di depan. Tombolnya berada di fascia tengah.

Build quality

Mobil ini memang merupakan produk Renault yang merupakan produsen otomotif asal Perancis. Akan tetapi Kwid yang dijual di Tanah Air tidak didatangkan dari Eropa. Crossover kompak ini diimpor langsung dari Negeri Bollywood, India.

Oleh karena itu build quality mobil ini tidak setara dengan kompetitornya. Sebagai contoh, cover plastik yang diaplikasikan di seluruh bagian interior dan door trim belakang dinilai terlalu tipis dan kasar. Selain itu cat di bagian bumper depan dan belakang berbeda dengan cat utama.

Detail kecil

Hal terakhir yang membuat Renault dapat menekan harga Kwid adalah detail kecil pada mobil ini. Misalnya, di balik wiper depan yang hanya ada satu dan tidak adanya cowl grille plastik di bawahnya. Di bagian belakang juga belum tersedia wiper dan defogger.

Di samping itu belum ada cover plastik tambahan pada Renault Kwid. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat road noise dari belakang terdengar cukup jelas.

Apabila Anda tertarik untuk membeli Renault Kwid, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di atas. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan kelebihan yang ditawarkan crossover ini sehingga Anda dapat mengetahui apakah mobil tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

Baca juga: Kelebihan Mobil Renault Kwid Indonesia

Demikian adalah 5 hal yang membuat harga Renault Kwid Indonesia murah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: harga lcgc 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply