Home Auto News Komparasi Renault Kwid Indonesia vs Agya dan Ayla

Komparasi Renault Kwid Indonesia vs Agya dan Ayla

Renault Kwid Indonesia, Persaingan mobil murah dengan rentang harga Rp 100 juta sampai Rp 150 jutaan semakin memanas. Dengan banderol harga tersebut, masyarakat di Tanah Air sudah bisa membawa pulang mobil low cost green car (LCGC). Akan tetapi, jika ingin sesuatu yang berbeda bisa memilih Renault Kwid.

Kenapa mobil baru Renault ini dikatakan berbeda? Pertama, karena mobil ini mengusung tampilan mini crossover. Berbeda dengan pasar LCGC yang diisi oleh model city car dan MPV 7-penumpang.

Lalu yang kedua, mobil buatan merek otomotif ternama asal Perancis ini bukan termasuk mobil LCGC. Begitu keterangan Ario Soerjo, Head of Sales and Marketing Division PT Auto Euro Indonesia (AEI) yang merupakan agen pemegang merek Renault di Indonesia.

Kendati demikian, spesifikasi dan harga Renault Kwid ini bisa menjadi ancaman bagi para pemain yang terjun di pasar LCGC. Sebagai contoh, crossover bertubuh mungil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.000 cc. Kapasitas ini sama dengan beberapa mobil LCGC yang dijual di Tanah Air.

Lantas bagaimana jika Renault Kwid dibandingkan dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang sudah lebih dulu hadir mewarnai jagat otomotif Tanah Air?

renault-kwid-2016-1

Berikut adalah komparasi Renault Kwid vs Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, sebagaimana dilansir dari Okezone:

Eksterior

Melihat tampilan luar, Kwid terlihat lebih gagah dari rivalnya lantaran hadir sebagai mini crossover. Seperti yang diketahui, mobil ini dirancang dengan memakai basis Datsun redi GO. Tampilan depan mobil dipermanis headlamp dengan double lamp, grille dengan aksen krom dan bumper yang mengusung desain khas crossover.

Berbeda dengan Agya dan Ayla yang lebih kental dengan nuansa stylish. Mobil kota ini dilengkapi dengan lampu standar, body kit di bagian bumper dan spoiler di belakang.

Toyota Agya 2016 Indonesia

Interior

Di bagian interior, ketiga mobil ini dibekali dengan jok berbahan fabric. Bahan ini dipilih untuk menyesuaikan harga jual mobil yang terjangkau. Sedangkan untuk hiburan, Kwid dibekali audio dengan layar sentuh 7 inci. Tampil beda dari Agya dan Ayla yang mengusung audio double din.

Lalu instrument cluster Renault Kwid sudah mengusung model digital. Sedikit lebih maju dari Agya dan Ayla yang masih mengusung jenis analog.

Dimensi

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki dimensi yang sama. Panjangnya mencapai 3.600 mm, dengan lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm dan ground clearance 180 mm. Sedangkan dimensi Renault Kwid sedikit lebih panjang, yakni 3.679 mm, lebar 1.579 mm dan tinggi 1.478 mm. Ground clearance mobil ini 180 mm.

Ban

Berpindah ke sektor roda, ketiga mobil ini mengandalkan ban berukuran 155/80 R13. Untuk Renault Kwid mengusung pelek kaleng lengkap dengan penutup. Ayla dan Agya memiliki pilihan yang lebih menarik, yakni pelek palang enam yang terdapat pada varian lebih tinggi.

Daihatsu Ayla 2016 Indonesia

Mesin

Di sektor pacu, Agya dan Ayla mengandalkan mesin tiga silinder berkapasitas 998 cc berbahan bakar bensin. Hampir mirip dengan milik Renault Kwid yang juga mengusung mesin tiga silinder 999 cc.

Fitur keamanan

Baik Kwid, Agya maupun Ayla sudah dilengkapi dengan sabuk keselamatan di semua jok. Perbedaan terletak pada jumlah kantong udara atau airbag. Ayla dan Agya sudah dilengkapi dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara Kwid masih memiliki satu airbag untuk pengemudi.

Harga

Untuk segi harga, mobil-mobil ini menawarkan harga yang saling bersaing. Renault Kwid dipasarkan dengan harga Rp 117,7 juta dan hanya ada satu varian. Lalu Toyota Agya terdiri dari enam varian dengan harga mulai Rp 114,5 juta sampai Rp 137,16 juta. Sementara Daihatsu Ayla dipatok Rp 88,75 juta hingga Rp 125,25 juta yang dibagi menjadi 12 varian.

Baca juga: Rahasia Harga Renault Kwid di Indonesia Setara LCGC

Layanan purna jual

Untuk hal ini, Toyota dan Daihatsu lebih unggul karena jaringan aftersales yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Lain halnya dengan Renault yang masih memiliki delapan service center. Akan tetapi konsumen juga dapat memanfaatkan delapan bengkel Nissan yang sudah ditunjuk untuk melakukan perawatan mobil Renault.

Demikian komparasi Renault Kwid Indonesia vs Agya dan Ayla. Semoga dengan penjabaran di atas dapat memudahkan Anda dalam memilih mana di antara tiga mobil ini yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Source: Agya vs kwid, beli agya atau renault kwid, kwid vs agya, renault kwid vs toyota agya, renault kwid vs daihatsu ayla, renault kwid vs agya vs ayla, Renault kwid terbaru, renault kwid indonesia vs agya, renault kwid harga indonesia, Renal kwid vs ayla, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply