Home Mobil Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil

Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil

0 219

Cara Merawat Kaca Mobil, Kaca mobil memiliki peranan penting bagi pengguna. Hanya saja kebersihan kaca mobil kerap diabaikan oleh pemilik. Alhasil kaca mobil menjadi berjamur. Hal ini tentu akan sangat mengganggu, terlebih jika jamur muncul di kaca depan. Penglihatan pengemudi selama perjalanan bisa saja terganggu.

Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu memperhatikan dan merawat kaca mobil secara berkala. Caranya mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat pencucian mobil.

Monza-Autosport, sebagaimana dilansir dari Otomania memiliki tiga tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat kaca mobil. Tidak perlu keahlian khusus dalam perawatannya sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mempraktekkannya sendiri.

Merawat kaca mobil bisa dilakukan sendiri dengan menyiapkan beberapa peralatan pendukung seperti kemoceng, lap penyerap air, dan microfiber. Namun baiknya dilakukan di tempat yang teduh, bebas dari sinar matahari atau hujan,” jelas Chris, pemilik Monza Autosport.

Tips yang pertama adalah membersihkan kaca mobil dari kotoran. Jika terdapat debu kering yang menempel di permukaan kaca, dianjurkan untuk tidak langsung mengelap debu tersebut. Pertama-tama bersihkan dengan menggunakan kemoceng halus. Kemudian lanjutkan dengan memakai lap microfiber. Tujuannya agar kaca terhindar dari baret halus.

Sedangkan jika kotoran yang menempel merupakan tanah basah, untuk membersihkannya gunakan air bersih secukupnya. Hal ini dilakukan agar kotoran hilang dari kaca. Setelah selesai, cuci menggunakan shampoo mobil dengan bantuan kain microfiber. Proses terakhir adalah mengeringkan dengan kain penyerap air.

“Ketika habis terkena hujan di siang hari, sebaiknya langsung dibersihkan jangan menunggu kering karena panas matahari. Air hujan yang mengandung asam dikhawatirkan bisa merusak struktur kaca dan membentuk kerak air,” jelas Chris.

Tips berikutnya untuk merawat kaca mobil adalah mengecek kondisi wiper. Jangan biarkan jika karet wiper sudah rusak. Sebab kondisi tersebut justru dapat membuat kaca tergores ketika wiper bekerja. Untuk mengetahui karet wiper rusak, lihat permukaannya yang sudah tidak lentur.

Sedangkan tips terakhir adalah dengan memperhatikan cairan pembersih kaca yang digunakan. Pakailah cairan dengan PH normal, yakni tujuh, dengan tingkat keasaman yang rendah. Tujuannya agar cairan menjaga struktur kaca dan melindungi lapisan coating yang dapat membuat kaca menjadi buram.

Baca juga: Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

Source: cara membersihkan jamur kaca depan mobil, cara merawat kaca mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply