Home Motor Motor Gede Tips Touring dengan Motor Gede, Perhatikan Hal Ini

Tips Touring dengan Motor Gede, Perhatikan Hal Ini

0 155

Tips Touring dengan Motor Gede, Honda mengadakan acara touring bertajuk “Honda Asian Journey 2016”. Di hari pertama pabrikan motor ternama asal Jepang itu memberikan pembekalan materi safety riding. Acara ini dilakukan di Honda Safety Riding Park di Phuket, Thailand yang diklaim menjadi salah satu fasilitas safety riding terbaik Honda dengan fasilitas paling lengkap.

Sebagaimana dihimpun dari laman Otomotifnet, ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh pengendara ketika ingin touring dengan motor gede. Apa saja poin yang harus diperhatikan?

Yang pertama adalah mengenai teknik pengereman. Ketika melakukan pengereman saat panik, gunakan rem depan 70% dan belakang 30%. Usahakan lakukan pengereman dengan lembut dan jangan kaget ataupun terlalu kuat. “Rem dengan smooth, jangan kaget dan terlalu kuat. Untuk ABS tentu akan lebih pendek jarak pengeremannya, lebih aman,” jelas seorang instruktur lokal di Thailand.

Sementara teknik berikutnya adalah phylon slalom atau teknik zig-zag. Fungsi dari teknik ini agar melatih reflek ketika berkendara di tempat sempit ataupun tikungan patah. Yang terpenting dalam teknik ini, pandangan tetap pada titik belok di depan. Jangan menggunakan rem depan atau tarik kopling.

Selain itu selalu buka gas ketika hendak memindahkan arah motor. Buka gas lalu tutup sambil memindahkan badang bersama dengan motor dan seterusnya menjadi ritme yang berkesinambungan.

tips-touring-dengan-motor-gede-2

Di samping itu perhatikan pula balancing ketika berkendara. Dalam pembekalan safety riding, seluruh peserta diminta melewati papan kesinambungan yang sangat sempit. Supaya dapat melaluinya dengan mudah, pastikan mata selalu ada di titik tujuan terjauh. Gunakan kopling untuk menambah laju atau tarik apabila ingin melaju lebih lambat, lalu badan harus seimbang dan rileks.

Di samping itu, instruktur dari AP Honda, selaku agen pemegang merek Honda di Thailand mengingatkan kepada para pengendara motor gede agar tidak menggunakan rem depan. Cukup menggunakan rem belakang. Sebab memakai rem depan dapat menyebabkan motor menukik dan hilang keseimbangan.

Lalu untuk yang terakhir adalah menikung dengan aman. Caranya adalah dengan memastikan kecepatan sesuai dengan sudut tikungan dan jangan terlalu cepat. Selain itu pastikan pandangan mata melihat jauh ke arah jalur keluar tikungan. Sementara untuk kecepatan tinggi, posisi badan boleh condong lebih keluar searah lean angle supaya motor lebih mudah untuk diarahkan.

Itulah beberapa tips touring dengan moge yang perlu Anda perhatikan. Jangan lupa untuk memastikan kondisi kendaraan sebelum pergi touring dan taati peraturan lalu lintas di mana pun Anda berada.

Source: bagaimana mengendarai motor kopling di tikungan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply