Home Balap 9 Fakta Sirkuit Sepang MotoGP yang Harus Anda Ketahui

9 Fakta Sirkuit Sepang MotoGP yang Harus Anda Ketahui

0 206

Sirkuit Sepang MotoGP, Ajang MotoGP akan berlangsung akhir pekan ini. Negeri Jiran, Malaysia menjadi tuan rumah pada seri kedua terakhir ini. Marc Marquez memang sudah mengunci gelar juara dunia MotoGP 2016. Akan tetapi pertandingan tidak berhenti sampai di situ.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bisa dikatakan siap bertarung sengit di GP Sepang. Kedua pembalap Movistar Yamaha itu akan memperebutkan juara kedua. Bisa dipastikan persaingan akan lebih sengit. Terlebih lagi ada Maverick Vinales dari tim Suzuki yang membayangi Jorge Lorenzo.

Terlepas dari persaingan tersebut, MotoGP Malaysia selalu menyimpan hal menarik untuk disaksikan. Di musim lalu, sirkuit Sepang menjadi saksi bisu insiden senggolan antara Rossi dan Marquez. Atas peristiwa tersebut Rossi diganjar hukuman start dari posisi paling belakang di GP Valencia.

sirkuit-sepang-2

Tidak itu saja, masih ada banyak fakta menarik tentang sirkuit Sepang Malaysia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fakta-fakta sirkuit Sepang Malaysia, sebagaimana dilansir Dapurpacu:

  1. Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sirkuit kebanggaan negara tetangga itu berada di kompleks seluas 2.300 acre. Selain lintasan balap, di sana juga ada hotel, pusat perbelanjaan, lapangan golf dan fasilitas olahraga lainnya.
  2. Fakta berikutnya adalah biaya fantastis yang disiapkan untuk membangun sirkuit ini. Pembangunannya menghabiskan dana hingga 50 miliar poundsterling. Sepang pertama kali mengadakan Grand Prix pada April 1999 dan menetapkan standar untuk sirkuit balap di seluruh dunia.
  3. Di era MotoGP, Honda meraih lima kemenangan di sirkuit ini. Itu sudah termasuk kemenangan selama empat tahun terakhir. Tiga kemenangan diraih Dani Pedrosa dan satu untuk Marc Marquez.
  4. Di Sepang Yamaha unggul dari Honda dengan lima kemenangan. Valentino Rossi menjadi penyumbang kemenangan terakhir pada tahun 2010. Ini juga menjadi terakhir kalinya pembalap non-Spanyol menang di kelas MotoGP di Sepang.
  5. Tim asal Italia, Ducati meraih tiga kemenangan di MotoGP Sepang. Kemenangan terakhir diraih oleh Casey Stoner pada tahun 2009.
  6. Sejak kemenangan Stoner, hasil terbaik yang dapat dicapai Ducati di Sepang adalah tempat keempat pada 2012 dari Nicky Hayden.
  7. Hasil terbaik yang diraih Suzuki pada MotoGP seri Sepang adalah posisi kelima. Ini terjadi di tahun 2010 oleh Alvaro Bautista.
  8. Valentino Rossi menjadi pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di sirkuit ini. Ia meraih enam kemenangan GP, 1 kali di kelas 500cc dan 5 kali di kelas MotoGP.
  9. Sedangkan pembalap yang paling sukses kedua setelah Rossi adalah Pedrosa. Pembalap asal Spanyol ini meraih lima kemenangan, dengan rincian 1 kali di 125 cc, 1 kali di 250 cc dan 3 kali di kelas MotoGP.

Itulah fakta-fakta seputar Sirkuit Sepang MotoGP. Lalu bagaimana dengan pertandingan kali ini? Akankah ada rekor baru yang dicetak oleh para pembalap? Kita tunggu balap MotoGP Sepang 2016.

Source: fakta sirkuit sepang, berita terbaru moto gp malaysia 2016, sirkuit untuk ajang motogp 2016, sirkuit sepang malaysia yang terbaru, sirkuit baru sepang, seputar motogp, moto gp sepang, gambar sirkuit moto gp malaysia, fakta tentang sirkuit sepang, fakta sirquit sepang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply