Home Mobil MPV Cara Mengganti Air Radiator Mobil Avanza Veloz

Cara Mengganti Air Radiator Mobil Avanza Veloz

0 202

Cara Mengganti Air Radiator Mobil Avanza, Sudah sepatutnya para pemilik mobil perhatian dengan kendaraannya. Hal ini perlu dilakukan lantaran setiap komponen yang ada di dalam mobil memiliki usia pakai. Lambat lain kinerja komponen tersebut semakin menurun bahkan bisa juga mengalami kerusakan.

Salah satu bagian yang harus selalu dijaga adalah air radiator. Seiring pemakaian, air radiator memerlukan perhatian agar performa mesin tetap prima. Untuk melakukan perawatan, Anda bisa menguras air radiator dan menggantinya.

Meski terdengar sepele, ada teknik untuk melakukannya. Terutama jika kendaraan Anda adalah mobil Toyota Avanza Veloz atau Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Sebab mobil keluarga ini memiliki katup tambahn untuk membuang udara dalam sistem. Dengan begitu caranya tidak asal buang kemudian isi ulang.

Perlu dicatat, air radiator Calya-Sigra harus dikuras setiap 60 ribu km. Sementara Avanza Veloz diganti setiap 80 ribu km. Namun angka tersebut bukan angka pasti, karena bisa jadi lebih cepat jika mobil sering digunakan untuk melalui lalu lintas yang macet atau stop and go. Di samping itu memilih air radiator juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah yang anti-korosi untuk mencegah karat dan ramah lingkungan karena akan terbuang di saluran air.

Lalu bagaimana cara menguras air radiator Toyota Avanza Veloz. Berikut adalah teknik yang bisa Anda lakukan, dikutip dari Otomotifnet:

  1. Pertama-tama buang air yang ada di radiator. Caranya adalah dengan membuka tutup kupu-kupu yang berada di bagian bawah, sebelah kanan jika dilihat ari depan. Ketika membuka, pastikan mesin dalam keadaan dingin. Hal ini bertujuan agar tangan tidak terkena air panas. Berikutnya buka tutup radiator agar air di dalam terbuang semua. Biarkan menetes hingga habis.
  2. Tuangkan air radiator sampai memenuhi bibir radiator, lalu tutup radiator. Saat menuangkan tidak perlu sampai habis, sebab biasanya masih ada sisa. Agar air radiator bersirkulasi sempurna dengan yang di dalam water jacket, hidupkan mesin mobil sampai hangat. Cara mengetahui mesin hangat adalah dengan melihat kipas pendingin. Jika kipas ini menyala, maka mesin mobil sudah hangat.
  3. Sesudah mesin hidup hingga temperatur idealnya, langkah selanjutnya adalah memastikan tidak ada angin yang masuk ke dalam sistem. Caranya buka tutup kupu-kupu yang berada di dekat intake, di bawah boks filter udara. Injak pedal gas sedikit agar air bersirkulasi kemudian perhatikan air yang keluar sampai tidak ada lagi gelembung udara.
  4. Yang terakhir adalah mengecek air radiator selalu cukup. Untuk memeriksanya, tunggu mesin hingga kembali dingin dan buka kembali tutup radiator. Jika terlihat kurang, tuangkan radiator coolant dan tutup kembali dengan rapat. Selain itu tuangkan radiator coolant pada tabung reservoir hingga batas maksimal. Namun jangan terlalu penuh agar masih ada ruang untuk menampung tekanan berlebih dari radiator.

Demikian adalah beberapa cara mengganti air radiator mobil Avanza Veloz. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: cara mengganti air radiator avanza veloz, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply