Home Auto News Ini Bocoran Sirkuit MotoGP Palembang

Ini Bocoran Sirkuit MotoGP Palembang

0 189

MotoGP Palembang, Beberapa waktu lalu para pecinta MotoGP di Tanah Air dihangatkan dengan wacana MotoGP Indonesia. Hanya saja hingga saat ini impian tersebut masih belum jelas. Sebelumnya kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama dengan pihak Sirkuit Sentul tidak berhasil memberikan kabar gembira untuk masyarakat.

Sementara itu, kabar terbaru mengatakan bahwa Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin melakukan kunjungan ke Sepang untuk bertemu dengan Carmelo Ezpeleta selaku bos Dorna.

Alex mengungkapkan bahwa kunjungannya itu bertujuan untuk melakukan pembicaraan terkait pembangunan sirkuit di Jakabaring, Palembang. Seperti yang diketahui bersama, ketika isu MotoGP Indonesia menyebar dan ramai diperbincangkan, Palembang memang menjadi salah satu kandidat untuk mendirikan sirkuit MotoGP.

“Dorna malah yang lebih semangat dibandingkan saya. Dorna berpesan kalau ini sangat ketat waktunya. Jadi, diharapkan kita bisa memberikan yang terbaik,” terang Alex, dikutip dari KompasOtomotifnet.

Ia menambahkan bahwa pihaknya bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja sama dengan para insinyur Tilke sebagai perancang Sirkuit. Dorna dan Tilke memang sudah melakukan kunjungan ke Palembang sebanyak dua kali. Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat lahan yang akan dipakai menjadi lokasi sirkuit.

“Dorna sudah lihat dua kali. Herman Tilke juga sudah ke Jakabaring. Sesuai pengalamannya, sirkuit yang dibuat oleh Tilke hampir 100 persen terakreditasi dan menjadi tempat untuk balap MotoGP. Kami juga lihat kepercayaan yang dibangun, kalau Herman Tilke yang bikin desain, Dorna pasti menyetujui,” paparnya.

Ketika ditemui di Sepang, Alex hanya bersama rombongan IMI, termasuk Ketua Umum Sadikin Aksa. Tidak terlihat adanya perwakilan pemerintah yang ikut.

Sirkuit Jakabaring memiliki panjang 4.314 meter di atas lahan seluas 120 hektar dan akan ada 14 tikungan. Sedangkan kapasitas penonton sirkuit ini mencapai hingga 130.000 orang. Rencananya sirkuit ini akan mulai dibangun pada tahun depan.

Sadikin Aksa menerangkan bahwa karakter sirkuit tersebut akan cepat. Alasannya, setelah dihitung oleh Tilke pacuan motor rata-rata yang mungkin diraih pembalap di sana dengan kekuatan motor saat ini adalah 171 km/jam.

“Pembangunan ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran hingga 30 juta Euro (nyaris Rp430 Miliar). Rencananya Hermann Tilke ini membangun salah satu sirkuit paling murah di dunia, tapi spesifikasinya luar biasa,” jelas Sadikin.

Dengan dana sebesar itu, muncul sebuah pertanyaan pihak mana yang akan membiayai pembangunan sirkuit Jakabaring?

Mengenai hal tersebut, Alex mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menggunkan dana dari APBN maupun APBD. “Ini dari investor. Saat tahu rencana kami, banyak investor yang berebut mau masuk,” ucapnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Alex mengungkapkan bahwa sejauh ini ada dua pemodal kuat dari dalam negeri dan luar negeri yang berkeinginan untuk membangun sirkuit di Jakabaring. “Nanti kami adu saja (kemampuan Investor),” ungkap Alex.

Ia melanjutkan, jadwal penentuan investor adalah akhir November mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengejar target pembangunan sehingga dapat digunakan pada MotoGP 2018. Sirkuit itu paling tidak harus sudah mulai dibangun pada Februari 2017 mendatang.

Dengan sirkuit MotoGP Palembang ini, maka impian sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP akan segera terwujud. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan ke depannya.

Source: Desain sirkuit moto gp palembang, berita ter baru seputar pembangunan jaka baring palembang, sirkuit palembang, sirkuit motogp palembang, sirkuit motogp di palembang kapasitas penonton, Sirkuit Gp Palembang, sikuit palembang, sikuit jaka baring, motogp indonesia terbaru, kabar terbaru sirkuit jakabaring, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply