Home Mobil Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat di Musim Hujan

Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat di Musim Hujan

0 89

Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat, Beberapa wilayah di Tanah Air sudah memasuki musim hujan. Oleh karena itu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan para pengguna jalan, baik pengendara motor maupun mobil. Sebab di saat hujan tiba, ada permasalahan yang bisa menimpa pengendara. Contohnya adalah genangan air yang menutupi jalan, air yang masuk ke dalam mobil dan menyebabkan korosi dan lain sebagainya.

Dalam kondisi seperti ini, keselamatan pengendara merupakan yang utama. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memperhatikan kondisi ban. Untuk Anda yang hendak mengganti ban, dianjurkan untuk jangan salah pilih jika ingin berkendara di musim hujan dengan aman.

Zulpata Zainal, Proving Ground manager PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan bahwa ada ban yang dibuat khusus untuk jalan basah. Ban jenis inilah yang bisa dipakai oleh pengguna mobil yang ingin mengganti ban dalam waktu dekat.

“Sebenarnya tidak harus Musim Hujan lalu ganti ban basah, tapi kalau kebetulan sudah waktunya, bisa pakai ban yang memiliki karakteristik wet tires. Ciri dari ban basah adalah tidak selalu dari pattern (kembangan), tapi yang penting masalah komponnya,” ujar Zulpata, dikutip dari Otomania.

Ia melanjutkan, saat ini banyak orang yang tergoda untuk membeli ban mobil berdasarkan bentuk kembangannya. Sementara material kompon yang menjadi bahan dasarnya diabaikan. Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak kembangnya maka fungsi membelah air semakin tinggi.

Zulpata mengungkapkan hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi harus tetap diiringi dengan kualitas kompon yang terjamin. Sementara untuk jenis ban yang cocok di saat musim hujan, ia menganjurkan kepada konsumen untuk memilih ban dengan kembangan asimetris.

Penyebab Ban Mobil Tidak Awet Dan Cepat Aus

“Untuk saat ini asimetris paling cocok digunakan, kenapa ? ban jenis ini memiliki dua fungsi berbeda, bagian dalam berguna untuk membuang air saat melewati genangan sedangkan bagian luar mantap untuk bermanuver di lintasan kering, jadi cocok digunakan di dua kondisi,” terangnya.

Lantas bagaimana jenis kompon yang baik?

Zulpata mengatakan bahwa kompon cukup kompleks untuk dijelaskan dan tidak bisa dari pandangan mata. Untuk mengetahuinya harus melalui proses pengetesan lebih dulu.

“Soal kompoen itu relatif, baiknya tanya klaim dari pabrikan, apakah komponnya baik dan bagus untuk jalan basah dan kering, karena banyak pabrikan yang mengklaim tapi ketahanannya sementara, setelah beberapa bulan dipakai langsung berbeda,” jelas Zulpata.

Source: ban yg cocok musim hujan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply