Home Mobil 8 Tips Berkendara Saat Banjir Agar Tenang dan Aman

8 Tips Berkendara Saat Banjir Agar Tenang dan Aman

0 208

Tips Berkendara Saat Banjir, Belum maksimalnya sarana transportasi massal di Tanah Air membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk berpaling dari menggunakan mobil pribadi. Namun mengemudi mobil bukan tanpa rintangan. Di musim hujan seperti saat ini, ada banyak kendala yang bisa menimpa pemilik mobil sewaktu-waktu. Banjir adalah salah satu diantaranya.

Genangan air di jalan memang menjadi salah satu hal yang membuat banyak pengguna kendaraan khawatir. Sebab kondisi tersebut dapat membuat mobil mogok di tengah jalan, bahkan dapat menimbulkan kerusakan serius. Oleh karenanya ada hal yang patut diperhatikan ketika ingin berkendara dengan mobil di saat banjir.

Berikut adalah 8 tips berkendara dengan mobil ketika banjir, sebagaimana dikutip dari DetikOto:

  1. Lihat kondisi jalan dan usahakan untuk menghindari ke tempat-tempat rawan banjir bila tidak ada keperluan mendesak.
  2. Kurangi kecepatan mobil saat hujan turun. Perlu diketahui, berkendara di saat hujan berbeda dengan di saat cuaca terang. Pastikan Anda mengemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang dan lingkungan sekitar.
  3. Perhatikan jarak aman pengereman, sebab proses pengereman ketika hujan memerlukan jarak yang lebih panjang dibandingkan ketika kondisi kering. Jarak pengereman harus dibuat lebih jauh dari biasanya.
  4. Nyalakan lampu daytime ketika hujan melanda. Perlu dicatat, menghidupkan lampu hazards ketika kondisi hujan merupakan tindakan yang salah. Sebab lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lainnya, terutama ketika hujan.
  5. Apabila mobil Anda terjebak banjir dan masih dalam keadaan hidup, segera matikan mesin. Cabut accu dan dorong mobil ke tempat yang aman.
  6. Apabila mobil tidak dapat dievakuasi, tutuplah ujung knalpot mobil Anda. Selain itu cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.
  7. Jangan langsung menghidupkan mobil yang sempat terendam banjir. Lakukan pengecekan saringan udara, oli, perlengkapan kelistrikan hingga pengapian. Disarankan untuk segera menghubungi teknisi atau asuransi.
  8. Hal terakhir yang tak kalah penting adalah asuransi. Pastikan mobil Anda sudah diasuransikan. Periksa polis asuransi apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir dan tanah longsor. Apabila belum, hubungi perusahaan asuransi. Di samping itu simpan nomor telepon penting untuk bantuan darurat di jalan.

Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply