Home Motor Cara Membersihkan Busi Motor yang Perlu Diketahui

Cara Membersihkan Busi Motor yang Perlu Diketahui

0 113

Cara Membersihkan Busi Motor, Busi merupakan komponen yang tak terpisahkan dari kendaraan bermotor. Sebab busi bertugas untuk menghasilkan percikan api sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin. Oleh karena itu sudah semestinya komponen yang satu ini mendapat perawatan.

Akan tetapi perawatan yang dilakukan harus benar dan tepat. Sayangnya masih banyak orang yang salah kaprah dalam melakukan perawatan busi. Termasuk para pemilik motor yang gemar memodifikasi tunggangannya. Dikutip dari KompasOtomotif, perawatan dengan melepas dan membersihkan busi memakai amplas ataupun sikat kawat dinilai merupakan langkah yang salah.

“Saat dibersihkan pakai amplas atau sikat maka ada kemungkinan terkikis yang membuat jarak grand elektoda atau kepala busi bergeser, bisa jadi renggang atau justru terlalu rapat. Bila sampai gap-nya berbeda dengan ukuran standar dampaknya busi tidak bekerja maksimal,” ungkap Suprianto, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Ia mengatakan, jarak kerenggangan busi sudah diukur oleh pabrikan. Di sisi lain setiap jenis motor juga mempunyai jarak yang berbeda-beda. Apabila sampai bergeser, secara otomatis akan mempengaruhi percikan api yang dihasilkan.

Selain hal di atas, ada pula pemilik motor yang mengetok kepala busi. Menurut Suprianto, hal tersebut tidak boleh dilakukan lantaran materialnya yang sangat sensitif.

“Dalam keadaan dingin metal punya sifat getas, saat digetok strukturnya akan berubah yang membuat materialnya ikut berubah. Efek parahnya, umur busi jadi lebih pendek dari seharusnya,” kata Suprianto.

Walaupun sering dilakukan oleh pemilik kendaraan, Suprianto tidak menyarankan untuk membersihkan busi secara manual. Apabila busi sudah kotor, ia menyarankan untuk langsung menggantinya dengan yang baru.

“NGK sebenarnya tidak menyarankan pembersihan busi. Busi itu sensitif, bila sampai ada yang bergeser dan berubah fungsinya juga akan berkurang. Bila memang sudah kotor, lebih baik diganti baru itu jauh lebih aman,” saran Suprianto.

Sementara itu, dikutip dari Okezone Agus Tan, General Manager Sales and Marketing Aftermarket PT NGK Busi Indonesia juga tidak menyarankan untuk membersihkan busi dengan sikat kawat.

“Selalu gunakan sikat nilon untuk membersihkan bagian ujung busi. Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan sikat kawat, hal ini untuk menghindari kerusakan di bagian ujung busi juga menghindari kemungkinan bagian kecil dari kawat yang tertinggal di permukaan elektroda,” jelasnya.

Para pemilik motor juga tidak diperkenankan membersihkan busi dengan cairan kimia. “Karena dikhawatirkan mengandung elemen yang berbahan dasar besi,” ucapnya.

Ia juga menyarankan untuk mengganti busi motor setiap 8 sampai 10 ribu kilometer.

Source: cara membersihkan mesin motor, bagian busi yg harus di amplas, cara membersihkan pada motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply