Home Mobil Bekas Tips Beli Toyota Fortuner Bekas Diesel VNT 2013

Tips Beli Toyota Fortuner Bekas Diesel VNT 2013

2 326

Toyota Fortuner Bekas, Saat ini banyak konsumen yang tertarik dengan Sport Utility Vehicle (SUV). Tampilannya yang gagah dan menarik, ditambah kemampuan untuk melalui jalanan yang tidak rata membuat banyak orang jatuh hati pada SUV. Alhasil penjualan segmen SUV mengalami peningkatan signifikan.

Meskipun belum dapat mengalahkan penjualan MPV yang saat ini masih mendominasi pasar mobil di Tanah Air, banyak yang beranggapan pasar SUV akan terus mengalami pertumbuhan. Meski begitu, harga SUV kebanyakan cukup mahal. Alhasil hanya beberapa orang saja yang dapat membelinya.

Jika Anda juga berkeinginan untuk membeli SUV, namun belum memiliki dana yang memadai Anda tidak perlu khawatir. Pasar mobil bekas bisa menjadi solusinya. Dari sekian banyak model SUV bekas yang ditawarkan, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Fortuner diesel keluaran tahun 2013. Sebelum membahas apa saja yang perlu diperhatikan, mari kita bahas lebih dulu apa keunggulan mobil Toyota yang satu ini.

Fortuner diesel model 2013 sudah memiliki teknologi Variable Nozzle (VNT). Cara kerjanya, di dalam rumah turbo terdapat 12 bilah nozzle yang mengelilingi turbon dan diputar oleh gas buang. Ketika mesin rendah, putaran turbin masih lemah dan sudut antar nozzle dipersempit.

Udara yang mengalir naik kecepatannya dan turbo berputar lebih kencang. Dampak baiknya, isapan udara ke intake akan semakin banyak. Cara kerja ini mirip seperti ketika Anda menekan ujung selang supaya air dapat menyembur lebih jauh. Dengan kondisi tersebut, gejala turbo lag yang terjadi di putaran mesin rendah dapat dihilangkan karena mesin tidak pernah kehabisan napas.

toyota-fortuner-diesel-vnt-2013-2

Melirik sektor dapur pacu, Toyota Fortuner Diesel ini dipersenjatai dengan mesin 2KD-FTV berkapasitas 2.499 cc 4 silinder. Mesin ini dapat menyajikan tenaga sebesar 144 hp pada putaran 3.400 rpm dengan torsi puncak 350 Nm pada 1.600-2.800 rpm. Sementara pilihan transmisinya adalah 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Performa mesin SUV Toyota ini cukup memuaskan. Menurut hasil pengujian yang dilakukan Autobild, mobil ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 12,4 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya mencapai 14,6 km/liter di tol dan 11,8 km/liter di dalam kota.

Jika ingin mendapat unit dengan tampilan yang menarik dan sporty, Anda bisa memilih Fortuner tipe G TRD Sportivo. Varian ini dipermanis dengan body kit TRD Sportivo. Toyota menyematkan panel sporty TRD Sportivo di front fender mirror, front bumper spoiler, Roof spoiler, rear bumper spoiler dan muffler cutter. Selain itu hadir pula logo VNT warna merah di kanan bagasi.

Sedangkan untuk suspensinya memakai versi TRD Sportivo yang lebih keras dari versi standar. Konsekuensinya bantingan suspensi akan terasa lebih keras. Namun dampak baiknya mobil akan menjadi lebih stabil ketika manuver cepat.

Baca juga: Kelebihan Toyota Fortuner 4×4 VNT Diesel

Beralih ke sisi interior, tipe ini dibekali jok dengan bahan fabric. Sedangkan desain dasbor tampil menarik dan masih sedap dipandang. Hadir beberapa fitur yang cukup memadai seperti head unit double DIN, AC climate control, kontrol audio di setir dan monitor atap untuk penumpang belakang.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli Toyota Fortuner VNT bekas?

Ketika akan membeli, pastikan bahwa pemilik sebelumnya memakai BBB yang sesuai. Untuk hal ini Anda bisa membawanya ke bengkel resmi. Jangan lupa untuk memeriksa track record dan komponen lain yang berpotensi terkena masalah. Perlu dicatat, penggunaan BBM yang tidak sesuai dapat merusak pompa, filter BBM dan injektor. Padahal harga komponen-komponen tersebut tidaklah murah.

Selain itu cek kondisi suspensi depan dan belakang. Cermati bagian ini, terlebih jika pemilik sebelumnya suka memodifikasi pelek atau bermain light off-road.

Harga Toyota Fortuner bekas Diesel VNT 2013 di pasaran berkisar Rp 320 jutaan. Anda bisa mendapat model dengan harga lebih rendah atau tinggi, tergantung dari kondisi dari mobil tersebut.

Img source: http://bosmobil.com

Source: cara membuat mesin mobil, fortuner, harga mobil fortuner bekas, Tips beli fortuner bekas, warna standar fortuner, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  1. Perlu dipikir matang2 apa harus membeli yang baru atau bekas… yang bekas terkadang menyisakan masalah yang belum keliatan di depan sebelum pembelian.

    • ia pak yahya..tapi mobil bekas menjadi pilihan bagi mereka yang belum memiliki dana lebih untuk membeli mobil baru..dan apabila kita membeli mobil bekas cukup selektif maka besar kemungkinan kita juga mendapatkan produk bekas yang masih sangat bagus sekali kondisinya..terimakasih sudah berkunjung

Leave a Reply