Home Motor Cara Merawat Lampu LED Motor, Tidak Ada Perlakuan Khusus

Cara Merawat Lampu LED Motor, Tidak Ada Perlakuan Khusus

0 114

Cara Merawat Lampu LED Motor, Pemakaian lampu Light Emiting Diode (LED) pada sepeda motor sedan tren saat ini. Tidak sedikit pemilik motor yang mengganti lampu motornya dengan lampu LED yang banyak dijual di toko aksesori aftermarket.

Lampu ini memang memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah cahaya yang dihasilkan lebih terang. Selain itu lampu berjenis LED juga hemat listrik daripada bohlam dan tahan lama. Sama seperti komponen lain, lampu ini juga membutuhkan perawatan.

Dikutip dari Otomania, Mohammad Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan tidak ada perlakuan khusus untuk perawatan lampu LED. Caranya sama seperti lampu jenis lainnya.

“Tidak ada yang spesial, sama seperti lampu pada umumnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, lampu tersebut tidak boleh kemasukan air. Sebab hal ini dapat memicu korslet. Selain itu lensa harus dijaga, jangan sampai retal atau berlubang.

“Hanya itu saja cara merawatnya. Mudah dan tidak rumit,” jelasnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor

Sementara untuk hal lampu LED yang mati, ada beberapa kemungkinan. Perlu diketahui, pada beberapa motor yang sudah dilengkapi lampu LED, pabrikan biasanya menambahkan perangkat modul khusus. Tugasnya adalah untuk menstabilkan arus yang masuk sesuai dengan kebutuhan LED.

Modul ini bisa saja rusak karena overheat. Hal tersebut dapat menyebabkan arus yang diterima lampu LED melebihi angka maksimalnya sehingga menyebabkan LED itu mati.

Penyebab lainnya adalah korsleting pada kabel yang menuju ke modul LED. Oleh karenanya biasanya terdapat pengaman berupa sekring sebelum kabel bodi masuk ke modul.

Itulah tips seputar perawatan lampu LED motor. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya pemilik motor untuk selalu memperhatikan kondisi lampu LED pada motor kesayangannya.

Source: apakah lampu led sepeda kemasukan air sedikit bisa berpengaruh, lampu led kemasukan paair motor, pengaman lampu led motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply