Home Mobil 4 Ciri-ciri Kaki Mobil Bermasalah, Perhatikan Gejalanya

4 Ciri-ciri Kaki Mobil Bermasalah, Perhatikan Gejalanya

0 165

Ciri Kaki Mobil Bermasalah, Ada kalanya mobil mengalami permasalahan, mulai dari yang paling ringan hingga paling parah. Sekecil apapun permasalahan pada mobil, sebaiknya jangan mengabaikannya. Perlu tindakan lebih lanjut agar permasalahan tidak berlarut.

Salah satu yang lazim dijumpai oleh pemilik adalah kondisi kaki-kaki mobil yang tidak stabil. Permasalahan ini menjadi hal yang wajar pada mobil yang dipakai di dalam kota. Bisa jadi pengemudi merasakan gejala aneh yang membuat mobil menjadi tidak stabil. Jika seperti ini, tidak menutup kemungkinan ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan.

Namun Anda tidak perlu terlalu cemas. Imam, ahli kaki-kaki mobil Jaya Per di Jakarta Timur mengungkapkan bahwa tidak semua gejala aneh pada kaki-kaki harus diatasi dengan mengganti komponen mobil.

”Kadang posisi ban berubah, atau kestabilan dan balancing kurang. Kalau yang seperti ini, cukup di-spooring dan balancing,” kata Imam, dikutip dari KompasOtomotif.

Lebih lanjut Imam mengungkapkan ada beberapa ciri-ciri bahwa kaki-kaki mobil mengalami masalah dan harus diperbaiki di bengkel spooring dan balancing. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa Anda cermati:

  1. Ketika mobil melesat di jalanan halus dan datar lalu setir dilepas, jalan mobil tidak lurus. Di samping itu mobil akan belok ke kanan ataupun ke kiri. Ada kecenderungan setir lebih dominan ke kiri-kanan. Sebelum memutuskan untuk melakukan spooring atau balancing, terlebih dahulu periksa tingkat keausan ban.
  2. Saat mobil dipacu dengan setir yang dikondisikan sudah lurus, mobil justru belok ke arah kanan atau kiri (berjalan miring). Hal tersebut menandakan bahwa posisi setir kemudi tidak central. Pastikan bahwa setir mobil dalam posisi lurus, Anda dapat melihatnya dari logo merek mobil.
  3. Setir kemudi terasa bergetar pada kecepatan tertentu. Biasanya gejala ini muncul saat mobil berada di kecepatan 80 km/jam. Getaran tersebut terkadang sampai ke penumpang belakang, diikuti suara ban yang tidak seimbang.
  4. Gejala yang paling parah adalah munculnya guncangan saat membelokkan mobil, padahal kondisi jalanan halus. Selain itu bisa juga setir kemudi dibelokkan, namun roda susah mengikuti dan cenderung lurus.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply