Home Mobil Tips Mengemudi Mobil di Turunan dengan Aman

Tips Mengemudi Mobil di Turunan dengan Aman

0 171

Tips Mengemudi Mobil di Turunan, Dalam beberapa hal, mengemudi tidak semudah yang dilihat. Sebab mengemudi sangat membutuhkan konsentrasi dan fokus. Selain itu pengemudi juga harus memahami teknik-teknik tertentu agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa mengemudikan mobil yang terpenting adalah tahu posisi pedal gas, rem, tuas transmisi dan bagaimana memposisikan kemudi. Padahal hal tersebut tidak selamanya benar. Pengemudi dituntut memahami dan menguasai teknik-teknik dalam mengemudi. Sebab keselamatan dirinya dan penumpang merupakan tanggung jawabnya yang tidak boleh dianggap sepele.

Salah satu teknik yang harus dipelajari oleh pengguna mobil adalah teknik ketika melalui jalanan menurun. Sering terjadi mobil meluncur bebas di jalan menurun karena pengemudi lalai dan tidak mengerti bagaimana cara mengontrol mobil. Lalu bagaimana cara mengemudi di jalan menurun?

Dikutip dari laman resmi Toyota, untuk mobil bertransmisi manual posisi gigi terbaik ketika melintasi turunan adalah gigi yang paling rendah. Pada gigi terendah, kecepatan mobil bisa dikontrol lebih mudah. Selain itu pengemudi tidak perlu terus-menerus menginjak pedal rem karena sudah terbantu oleh rem mesin.

Sedangkan pada mobil transmisi otomatis, cara yang dilakukan tidak berbeda jauh dengan mobil manual. Pengemudi cukup memastikan tuas transmisi berada di posisi 2 supaya pengereman mesin bekerja dengan maksimal. Apabila jalan turun curam, pindahkan tuas ke posisi L.

 

Mengenai hal di atas, tidak sedikit pengemudi yang memindahkan transmisi ke posisi netral atau N. hal ini dilakukan agar mobil hemat bahan bakar. Namun perlu digarisbawahi bahwa teknik tersebut tidaklah tepat. Gigi mobil pada posisi netral membuat jalannya mobil hanya mengandalkan rem. Alhasil pengemudi bisa kesulitan untuk mengontrol laju mobil.

Di samping itu dianjurkan untuk membunyikan klakson saat di tikungan berbahaya. Contohnya seperti sat melewati tikungan di pegunungan yang satu sisinya ditutupi batu dan sisi lainnya adalah jurang. Untuk itu bunyikan klakson pendek sebanyak 2 atau 3 kali ketika hendak melewati tikungan tajam. Tujuannya untuk memberi tahu mobil lain yang datang dari arah berlawanan sehingga menurunkan kecepatannya.

Jalan di pegunungan kebanyakan sempit dan membuat Anda kesulitan untuk mendahului mobil yang ada di depan. Apabila Anda menjumpai mobil yang berjalan terlalu lambat, akan lebih baik jika Anda bersabar dan menunggu saat yang aman untuk mendahului. Perlu disadari, pada dasarnya pengemudi lain tidak ingin menghalangi Anda. Namun kemungkinan ia sedang menanti momen yang tepat untuk memberikan jalan untuk Anda.

Di kondisi seperti itu, jangan memaksa menyalip, termasuk di tikungan. Jangan pula menyalakan lampu sorot dan membunyikan klakson terus menerus. Selain tidak etis, hal ini bisa merugikan Anda sendiri atau pengemudi lain.

Baca juga: Cara Mengemudi di Tanjakan

Itulah beberapa trik yang bisa Anda pelajari agar perjalanan Anda lebih aman. Mengemudikan mobil di jalanan menurun memang banyak membuat orang merasa khawatir. Untuk itu Anda harus belajar untuk menyetir mobil di jalanan menurun agar ketika menjumpai jalan turunan Anda sudah terbiasa.

Yang perlu Anda ingat, perhatikan lebar jalanan dan arus simpang saat jalan tersebut dilalui dua kendaraan secara bersamaan. Yang tidak kalah penting, jaga konsentrasi Anda. Hindari mengemudikan mobil dengan posisi transmisi netral. Hal ini dapat membuat rem cepat panas. Apabila rem panas dalam waktu lama, hal terburuk yang terjadi adalah rem bisa blong dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Demikian adalah tips mengemudi mobil di turunan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: cara mengemudi mobil, cara kemudi mobil jalan menurun, cara mengemudi mobil manual, cara mengemudi mobil manual di turunan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply