Home Daihatsu Tips Modifikasi Calya Sigra, Ubah Pelek dan Ban Agar Berisi

Tips Modifikasi Calya Sigra, Ubah Pelek dan Ban Agar Berisi

Modifikasi Calya Sigra, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya sudah resmi meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Kedua mobil ini bersaing dengan Datsun GO+ Panca yang sudah lama bebas tanpa pesaing. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan Calya dan Sigra memang cukup menggoda. Tak heran bila banyak yang tertarik untuk membelinya.

Melihat dimensinya, low cost green car (LCGC) 7 penumpang ini mempunyai panjang 4.070 mm, dengan lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Lalu untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.525 mm.

Meskipun desain eksterior stylish, beberapa orang menganggap kaki-kaki mobil yang kurang menarik. Akan tetapi hal ini bisa diakali dengan mengganti ukuran ban standar namun tetap mempertahankan pelek asli.

Dilansir dari laman Toyota Astra, Irwan memberi masukan untuk mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Ia menjelaskan, ukuran pelek dan ban asli Calya dan Sigra adalah 175/65/14 dengan ban Bridgestone Ecopia. Ia menganjurkan untuk mengganti ban berukuran 185/70/14 atau naik sedikit. Anda bisa memakai merek ban apa saja.

Sesudah ban diganti dengan yang lebih besar, tampilan mobil Toyota dan Daihatsu itu akan terlihat lebih menarik lantaran posisi ban dengan bodi yang tampak lebih berisi. Kelebihan menggunakan tips modifikasi ini adalah performa yang lebih baik ketika manuver dan menanjak.

toyota-calya-2016

Di samping itu untuk daya cengkeram ketika pengemudi melakukan pengereman juga menjadi lebih baik. Sementara untuk kenyamanan tidak ada perubahan berarti alias masih sama.

”Tentu ini sifatnya subyektif, namun jika memang ada yang ingin upgrade kaki-kaki tanpa ganti velg, mungkin pengalaman saya ini bisa menjadi pilihan,” kata Irwan.

Jika Anda ingin mengganti pelek, aman atau tidaknya penggantian tersebut tergantung dari beberapa hal. Seperti pemilihan merek, lebar dan offset pelek. Untuk itu pilihlah pelek yang tidak keluar dari bodi. Pastikan produk yang Anda pilih berkualitas dan lebih kuat.

Sedangkan untuk pemilihan ban disarankan untuk yang lebarnya tidak terlalu jauh dari ukuran asli. Sesudah melakukan penggantian pelek, jangan lupa untuk melakukan spooring dan balancing.

Sebagai catatan tambahan, ketika memutuskan untuk mengganti pelek, pertimbangkan beberapa hal meliputi material pelek, bobot, lubang baut dan lain-lain. Hal tersebut harus dilakukan lantaran pelek berperan penting dalam menciptakan pengalaman berkendara yang aman. Jangan sampai ubahan yang Anda lakukan justru membahayakan orang lain.

Baca juga: Permasalahan Toyota Calya-Sigra 2016 dan Solusinya

Source: Modifikasi kaki kaki sigra, modifikasi velg calya, modifikasi ban sigra 185/70, sigra modif pelek, ukuran ban yang paling ideal calya pakai velg 15, velag mobil sigra 14 dgn ukuran ban yg lebih besar, sigra modif, servis motor matic tarikan berat, velg dan ban yang paling ideal untuk calya, velg modif calya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply