Home Motor Cara Mengerem Motor yang Benar dan Efektif

Cara Mengerem Motor yang Benar dan Efektif

0 152

Cara Mengerem Motor yang Benar, Sepeda motor sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Terlihat dari penjualan motor baru di Tanah Air yang masih tinggi dari tahun ke tahun. Bagi pengendara motor, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu diantaranya adalah karakter dari motor tersebut.

Setiap kendaraan roda dua memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh karenanya, agar perjalanan aman dan nyaman pengendara harus mengetahui bagaimana karakter dari tunggangannya. Dari beberapa bagian yang perlu dipelajari, pengendara juga tidak boleh melupakan mengenai sistem pengereman.

Perlu diketahui bahwa fungsi pengereman sebenarnya adalah untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap hingga kecepatan motor menjadi 0. Jika Anda merupakan orang yang awam mengenai motor dan masih dalam tahap belajar, teknik pertama yang patut Anda kuasai adalah bagaimana cara untuk menghentikan laju kendaraan. Satu-satunya alat yang dapat mengurangi laju sepeda motor dengan aman adalah rem.

Namun melakukan pengereman tidak boleh asal tekan tuas pada pedal rem. Sebab hal tersebut bisa berpotensi menyebabkan Anda terjatuh. Lantas bagaimana cara pengereman motor yang benar?

Dilansir dari Astra-Honda, pengereman yang efektif adalah memakai rem depan dan belakang secara bersamaan. Bukan mengoptimalkan salah satunya saja. Mengenai hal ini banyak pengendara yang yakin bahwa menghentikan laju motor yang paling baik adalah dengan rem belakang. Namun pada kenyataannya justru rem depan yang lebih efektif.

cara-mengerem-motor-yang-benar-2

Artinya apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan. Namun bukan berarti tidak menggunakan rem belakang sama sekali. Rem belakang juga diperlukan sebagai penyeimbang.

Ada saat-saat tertentu dimana pengendara motor lebih dominan menggunakan rem belakang. Contohnya ketika sedang melalui jalan menurun dengan kecepatan rendah. Hindari memacu motor dalam kecepatan tinggi dan hanya menekan rem belakang saja. Sebab hal tersebut dapat membuat kendaraan tidak stabil. Pada akhirnya Anda justru menjadi korbannya karena terpeleset, terjatuh ataupun terpelanting.

Selain itu jangan memaksakan diri untuk menggunakan rem sekuat tenaga. Sebagai latihan Anda dapat mempelajari beberapa teknik pengereman. Contohnya adalah pengereman dengan menggunakan rem belakang saja, lalu rem depan saja dan terakhir baru mencoba teknik pengereman yang benar dengan memakai dua rem. Dalam kondisi ideal, cobalah untuk membandingkan jarak pengereman yang dihasilkan.

Anda juga bisa memanfaatkan engine brake agar pengereman lebih efektif. Cara melakukan engine brake adalah dengan menurunkan gigi ke lebih rendah. Dengan begitu kecepatan sepeda motor akan berkurang dan kerja rem tidak terlalu terbebani. Namun perlu dicatat, untuk melakukan pengereman dan menurunkan gigi sekaligus Anda harus berlatih lebih dulu. Jika engine brake dilakukan sembarangan justru membuat mesin motor bermasalah.

Demikian adalah cara mengerem motor yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: cara memakai motor baru, teknik mesin sepeda motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply