Home Mobil 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak yang Perlu Anda Ketahui

5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak yang Perlu Anda Ketahui

0 152

Penyebab Mobil Mogok Mendadak, Ada banyak permasalahan yang kerap menimpa pengemudi mobil ketika sedang asyik berkendara. Contohnya adalah mobil mogok tiba-tiba di tengah jalan. Bahkan tak jaran mobil susah untuk distarter atau dihidupkan kembali.

Permasalahan tersebut umumnya terjadi lantaran komponen yang luput dari perhatian pemilik. Oleh karenanya ketika mobil mogok ada baiknya untuk melihat komponen-komponen tersebut untuk memastikan apa yang terjadi pada mobil kesayangan. Untuk lebih jelas, berikut adalah penyebab mobil mogok, dilansir dari Tempo:

Arus listrik ke terminal plus koil turun

Pada mobil yang sudah berumur lima tahun ke atas, sering dijumpai masalah tegangan arus listrik ke koil yang menurun drastis. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak terjadi lantaran pemantik api atau ignition tidak memperoleh aliran listrik.

Cara untuk mengetahuinya mudah, yakni dengan mengecek kabel distributor dan menempelkannya ke bodi lalu starter mobil. Jika muncul percikan api, arus listrik masih ada, begitu juga sebaliknya.

Apabila tidak terdapat arus listrik, langkah selanjutnya adalah memeriksa sambungan kabel. Pastikan apakah terdapat kabel yang tidak tersambung dengan baik. Jika sambungan kabel tidak bermasalah, maka koil atau platina mengalami kerusakan atau kotor.

Arus listrik aki lemah

Permasalahan berikutnya yang dapat membuat mobil mogok adalah arus listrik aki yang lemah. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti alternator atau dinamo ampere aus, kabel di terminal plus atau minus aki kendur atau aki yang sudah habis masa pakainya.

Jika Anda memperkirakan penyebab mogoknya mobil berasal dari aki, cara untuk mengeceknya adalah dengan memeriksa pemasangan kabel di terminal aki. Pastikan bahwa kabel tersebut sudah terpasang dengan baik. Jika kendur, segera kencangkan. Namun sebelumnya bersihkan dulu terminal tersebut dengan memakai amplas atau sikat gigi untuk menyikatnya.

Sesudah itu cek air aki apakah volumenya cukup atau tidak. Jika kurang dari takaran tambah air aki. Akan tetapi jika aki sudah aus karena masa pakai sudah habis, maka satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

penyebab-mobil-mogok-2

Alternator aus

Komponen yang satu ini bertugas untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh sebab itu, jika alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan berujung mobil mogok. Ada tiga masalah yang biasanya terjadi di alternator, yaitu:

Diode putus

Pada alternator umumnya terdapat enam diode. Walaupun cuma satu diode saja yang bermasalah, mesin mobil bisa sulit untuk dihidupkan.

Gulungan kawat tembaga putus

Permasalahan lainnya adalah putusnya gulungan kawat tembaga. Walaupun hanya satu dari beberapa gulungan, putusnya kawat tembaga dapat mengganggu arus listrik.

Kabel berkarat

Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki mudah berkarat. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di bawah mesin sehingga berpotensi terkena kotoran dan air. Alhasil kabel menjadi korosi atau getas.

Baca juga:  Tips Menangani Mobil Mogok di Jalan Tol Secara Aman

Karburator bermasalah

Karburator yang bermasalah bisa menjadi penyebab lain mobil ogok. Masalah yang sering terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Hal tersebut membuat proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit untuk dihidupkan.

Permasalahan karburator yang tidak dapat menyemburkan bahan bakar secara optimal bisa dikarenakan dua hal. Yakni setelan klep yang terlalu rapat atau kotor.

Untuk mendeteksi permasalahan ini tidak terlalu sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah melepas selang bahan bakar lalu masukkan ujungnya ke botol dan starter mobil. Jika bahan bakar masih mengalir, maka karburator masih berfungsi dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Switcher starter aus

Komponen ini biasanya dianggap sepele dan kerap tidak disadari oleh pemilik mobil. Perlu diketahui bahwa kemungkinan terjadinya kerusakan pada switcher sangat besar. Hal ini dikarenakan peranti tersebut paling sering dipakai ketika pengguna mobil mulai menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan.

Biasanya kerusakan terjadi pada kabel yang renggang. Logam kontraktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Jika hal tersebut menimpa mobil Anda, alangkah baiknya untuk segera menggantinya.

Akan tetapi jika mobil Anda mogok di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian, maka pertolongan pertama yang harus Anda lakukan adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya adalah dengan memakai peniti atau kawat kecil yang tajam, lalu sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.

Itulah 5 penyebab mobil mogok mendadak. Selalu berhati-hatilah ketika sedang mengemudi dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi mobil agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Source: cara mengecek arus listrik di terminal plus koil turun, komponen mesin mobil, penyebab mobil mogok mendadak, platina mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply