Home Mobil Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun

0 263

Cara Mengatasi Kaca Mobil Mengembun, Beberapa wilayah di Indonesia saat ini sudah mulai diguyur hujan. Di saat seperti ini, para pemilik kendaraan harus lebih perhatian terhadap mobil atau motornya. Sebab musuh dari beberapa komponen yang ada di dalam kendaraan adalah air. Maka dari itu sudah sepatutnya para pemilik melakukan pemeriksaan secara berkala dan melakukan perawatan agar mobil terhindar dari masalah.

Di samping itu Anda juga harus waspada terhadap permasalahan-permasalahan pada mobil yang kerap muncul di saat hujan tiba. Biasanya di musim seperti ini permasalahan yang biasa dialami pemilik mobil adalah kaca mobil berembun. Tentunya hal ini harus Anda sadari dan segera melakukan penanganan. Sebab kaca mobil berembun dapat menghalangi pandangan ke jalan, bahkan risiko kecelakaan bisa terjadi kapan saja.

Untuk itu, berikut akan diulas mengenai bagaimana cara mengatasi kaca mobil yang berembun, dikutip dari laman resmi Toyota Astra.

Perlu diketahui, pengembunan yang terjadi pada kaca mobil diakibatkan oleh perbedaan suhu. Maksudnya suhu di dalam kabin mobil lebih panas, sedangkan kondisi luar tidak. Hal itulah yang dapat menimbulkan uap air di dalam kabin mobil atau kaca mobil bagian dalam. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menghidupkan AC dan mengatur suhu udara yang masuk dari luar. Dengan begitu udara yang ada di dalam mobil bisa teratur dan tidak menyebabkan kaca mobil berembun.

Sedangkan cara alternatif lain untuk mengatasi kaca mobil berembun adalah dengan menekan tombol recirculation yang ada di pendingin udara mobil. Biasanya tombol tersebut memiliki fungsi untuk mengatur udara. Sehingga udara dari luar yang masuk ke dalam mobil dapat terkendali.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil

Selain itu Anda juga bisa menyalakan kipas mobil jika kendaraan Anda memiliki fitur tersebut. Dengan cara tersebut, embun pada kaca mobil dapat teratasi. Sebagai catatan, untuk cara ini pastikan Anda menyalakan kipas dengan putaran penuh.

Tips lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengoleskan sedikit shampoo rambut pada kaca mobil bagian dalam. Akan tetapi usahakan shampoo tidak dicampur dengan air. Sesudah dioleskan, lap kaca dengan kanebo yang sedikit lembab. Supaya tidak buram, lap kaca secara searah.

Jangan lupa untuk memeriksa kaca mobil. Cek apakah karet kaca mobil ada yang minta ganti atau tidak. Jika karet kaca mengalami masalah, bukan tidak mungkin air hujan masuk ke dalam kabin mobil kesayangan. Untuk mengatasi permasalahan pada karet kaca, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi terdekat.

Demikian adalah cara mengatasi kaca mobil mengembun. Semoga tips di atas membantu Anda untuk mengatasi masalah yang menimpa mobil.

Source: cara mengatasi kaca bureng pd mobil saat hujan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply