Home Mobil Tips Menghadapi Operasi Zebra 2016

Tips Menghadapi Operasi Zebra 2016

0 286

Operasi Zebra 2016, Para pengendara kendaraan bermotor harus selalu taat peraturan berlalu lintas. Untuk mewujudkan tertib berlalu lintas dilaksanakanlah Operasi Zebra 2016. Brigjen Suntana, Wakapolda Metro Jaya menerangkan bahwa operasi tersebut menyasar kepada kelengkapan surat kendaraan para pengendara. Di samping itu operasi ini juga dilakukan untuk mewujudkan ketertiban lalu lintas.

Untuk itu, ada baiknya Anda selalu bersiap diri sebelum melakukan perjalanan dengan mobil maupun sepeda motor. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi operasi Zebra tahun ini. Berikut adalah beberapa tips menghadapi Operasi Zebra 2016 sebagaimana dilansir Autobild:

Menyiapkan surat kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah membawa surat-surat kendaraan seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Jika surat-surat sudah lengkap, jangan lupa untuk memeriksa masa berlakunya. Jangan sampai Anda berkendara dengan membawa surat lengkap namun sudah lewat jatuh tempo. Polisi berhak menilang pengendara yang pajak tahunan STNK-nya mati. Apabila sudah melewati masa berlaku, segera perpanjang di Samsat terdekat.

Cek kondisi kendaraan

Kondisi kendaraan juga patut Anda perhatikan ketika hendak berangkat. Salah satu komponen mobil dan motor yang perlu diperiksa adalah lampu utama dan lampu sein. Pastikan lampu-lampu tersebut dalam kondisi baik dan menyala dengan normal. Bagi Anda pengguna motor, pakailah kaca spion standar yang tidak menyalahi aturan. Sebab tidak sedikit pengguna motor yang melepas spion atau menggantinya dengan yang lebih kecil.

Tidak hanya itu saja, pastikan rem, klakson, spidometer, knalpot hingga ban cadangan mobil masih dalam kondisi normal. Anda juga perlu memastikan bahwa kendaraan sudah memiliki dongkrak mobil, kotak P3K dan lain sebagainya. Pastikan pula bahwa plat nomor kendaraan terpasang dengan baik. jangan gunakan plat nomor modifikasi yang justru membuat Anda harus berurusan dengan polisi.

razia-kendaraan-bermotor-2

Hal yang tidak boleh dilakukan

Ketika berkendara, jangan pernah melepas helm ataupun sengaja tidak menggunakan helm. Pelanggaran yang jamak dilakukan oleh masyarakat ini tentu sangat berbahaya, terlebih jika terjadi insiden di tengah perjalanan. Menggunakan helm bukan soal kepatuhan terhadap peraturan saja, namun juga kesadaran akan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Jangan pula menggunakan ponsel ketika sedang mengemudi ataupun berkendara. Hal ini juga banyak dilakukan oleh masyarakat. Tidak sedikit pula pengendara motor yang dengan santainya berkendara sembari bermain ponsel. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena dapat mengurangi konsentrasi dan kewaspadaan dalam berkendara.

Patuhi petunjuk rambu lalu lintas dan traffic light yang ada di jalan. Untuk Anda pengguna mobil, jangan lupa memakai sabuk pengaman.

Saat melewati razia

Jika Anda menggunakan mobil, yang perlu dilakukan saat melewati area razia adalah mengurangi kecepatan mobil. Biasanya polisi akan memilih secara acak dan meminta pengemudi untuk menepi. Jika kebetulan mobil Anda yang dihentikan, segera nyalakan lampu sein untuk memberi sinyal menepi. Jangan terburu-buru, perhatikan arus kendaraan dari belakang.

Supaya terhindar dari insiden, jika dari kejauhan Anda sudah melihat ada razia segera kurangi kecepatan mobil Anda. Hal ini dilakukan juga untuk memberikan sinyal kendaraan di belakang supaya tetap waspada.

Di samping itu Anda juga harus waspada terhadap kendaraan lain yang melakukan segala upaya untuk menghindari razia. Biasanya ada pengendara yang balik arah secara tiba-tiba atau nekat melawan arus. Di saat seperti itu Anda jangan mudah tersulut emosi. Biarkan kendaraan tersebut melewati mobil Anda supaya aman.

Ketakutan pengendara terhadap pemeriksaan kendaraan justu berpotensi menimbulkan insiden tabrakan. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan agar ketika terjadi rem mendadak karena diberhentikan polisi atau menghindari razia Anda tetap aman dan terhindar dari insiden.

Itulah beberapa tips menghadapi Operasi Zebra 2016. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Selalu patuhi peraturan dan jadilah pengendara yang bijak.

Source: cara menghindari operasi zebra, Peraturan oprasi zebra 2016 2017 kediri, operasi zebra 2016, operasi zebra 2016 di kediri, operasi zebra 2016 mobil, operasi zebra di kediri, oprasi zebra 2016 mobil, peraturan motor baru tidak ada plat nomor, peraturan oprasi zebra 2016, operasi zebra mobil bukan niaga untuk muat barang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply