Home Mobil Fungsi Spoiler Mobil yang Wajib Anda ketahui

Fungsi Spoiler Mobil yang Wajib Anda ketahui

0 109

Fungsi Spoiler Mobil, Sudah merupakan rahasia umum bahwa mobil memiliki banyak sekali bagian dan komponen. Setiap komponen yang terdapat di dalamnya memiliki tugasnya masing-masing. Saking banyaknya mungkin tidak semua tahu persis mengenai fungsi sebuah komponen pada mobil. Namun bagaimana dengan spoiler mobil?

Untuk komponen ini tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Biasanya spoiler menempel di bagian depan dan belakang mobil. Dalam dunia modifikasi, spoiler banyak dipakai oleh para pemilik mobil agar kendaraan kesayangannya terlihat lebih sporty. Namun perlu diketahui bahwa komponen ini tidak hanya berfungsi sebagai penunjang tampilan saja.

Dikutip dari Otomania, menurut buku “Pengenalan Bodi Otomotif” karya Buntarto, spoiler merupakan salah satu bagian yang bertugas membantu mobil dalam aerodinamika. Membuat mobil bisa melawan gaya lift up (membuat mobil melayang dan tidak stabil) ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Kondisi semacam itu tentu bisa membahayakan pengguna mobil. Oleh karenanya pemasangan spoiler harus dilakukan secara harmonis antara depan dan belakang. Dengan kata lain komponen ini tidak hanya dipasang salah satunya saja.

spoiler-mobil-3

Apabila pemilik mobil memaksakan untuk memasang satu spoiler, hal tersebut akan beresiko. Mobil akan menjadi tidak stabil, khususnya ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Pada mobil sedan, spoiler belakang umumnya dipasang di atas pintu bagasi. Sedangkan pada mobil yang tidak memiliki bagasi seperti hatchback, spoiler disematkan di atap belakang, atau di atas kaca belakang.

Lalu untuk spoiler depan diletakkan di bagian bawah bumper mobil. Posisinya agak ke bawah mendekati permukaan jalan. Hal ini tentu mengandung maksud tertentu. Peletakan spoiler depan ini bertujuan untuk memperkecil masuknya angin ke bagian bawah mobil. Dengan demikian daya limbung atau melayang menjadi dapat dikurangi.

spoiler-mobil-2

Bagi Anda yang tertarik untuk memasang spoiler pada mobil, termasuk spoiler aftermarket jangan mengutamakan tampilan. Pemasangan harus dilakukan dengan benar, sebab jika salah justru tidak dapat meningkatkan downforce. Selain itu spoiler yang terlalu berat. Sebab hal tersebut hanya akan membuat konsumsi BBM mobil menjadi lebih boros.

Source: fungsi spoiler mobil, mobil yg melayan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply