Home Mobil Perbedaan Ban Bias dan Radial yang Patut Anda Ketahui

Perbedaan Ban Bias dan Radial yang Patut Anda Ketahui

0 104

Perbedaan Ban Bias dan Radial, Ban merupakan salah satu komponen dari sebuah kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil. Keberadaan ban ini sudah tidak dipisahkan lagi karena merupakan komponen penting yang membuat kendaraan bisa bergerak. Oleh karena itu setidaknya para pemilik motor ataupun mobil sedikit mengetahui seluk beluk ban.

Pada dasarnya ban dibagi menjadi dua macam, yakni tubetype (dengan ban dalam) dan tubeless. Akan tetapi tidak cukup sampai di situ. Sebab ban tubeless dapat dibagi lagi menjadi dua jenis, ban bias dan ban radial. Kedua jenis ini memiliki perbedaan.

Dari laman Bridgestone.co.id yang dilansir dari Liputan6, perbedaan kedua jenis ban tersebut terdapat pada konstruksinya. Lebih spesifik pada susunan benang yang mengikat.

Ban bias terbuat dari banyak lembar cord yang menjadi rangka dari ban. Cord tersebut ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Ban bias ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan pada kendaraan.

Lalu untuk ban radial dibuat dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban. Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan dan tidak cepat aus.

perbedaan-ban-bias-dan-radial

Lalu mana yang lebih unggul, ban bias atau radial?

Untuk segi kenyamanan berkendara, ban radial bisa dikatakan lebih unggul. Pasalnya serat baja yang digunakan ban ini bersifat lentur. Dengan begitu lebih nyaman walaupun melalui jalanan rusak ataupun bergelombang.

Di samping itu ban radial memiliki daya cengkeram atau traksi yang lebih baik dari ban jenis bias, khususnya ketika menikung. Sebab ketika bekerja ban ini tertekan ke arah dinding samping. Lain halnya dengan ban bias yang tertekan ke depan-belakang. Dengan begitu beban panas dapat terdistribusi lebih rata dan tidak membuat ban cepat aus.

Ban radial memang unggul dari ban bias. Namun bukan berarti tidak ada kekurangan dari ban radial. Harga yang harus dibayar oleh konsumen untuk membeli ban ini sangat tinggi. Bahkan harga ban radial bisa dua kali lipat dari ban jenis bias.

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat di Musim Hujan

Source: ban mobil radial, harga ban depan tubeless 2016, perbedaan dan cara baca kode yang ada pada ban radial atau bias pada ban mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply