Home Balap Mengenal Jenis Ban MotoGP, Ada Apa Saja?

Mengenal Jenis Ban MotoGP, Ada Apa Saja?

0 118

Jenis Ban MotoGP, Ban pada sepeda motor banyak sekali macamnya. Untuk kejuaraan balap motor dunia seperti MotoGP, ban dibagi menjadi beberapa aspek. Mulai dari kompon atau material pembentuknya hingga tipenya. Mungkin bagi Anda para pecinta balap MotoGP sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk membahas tenang jenis-jenis ban MotoGP.

Berdasarkan tipenya, ban dibagi menjadi tiga jenis, antara lain tipe basah, kering dan menengah. Tim balap biasanya akan memilih satu dari tiga jenis ban tersebut. Pemilihan disesuaikan dengan kondisi lintasan. Apabila trek kering, maka ban yang digunakan adalah ban kering. Namun jika trek basah, maka ban basah menjadi pilihannya.

Ketiga tipe ban tersebut juga terdiri dari beberapa kompon. Ada tiga macam kompon, yakni kompon keras, sedang dan lunak. Contohnya, jika motor balap memakai ban tipe kering, maka dibagi lagi menjadi ban kering-keras, kering-sedang dan kering basah. Semakin lunak, maka daya cengkeram ban ke aspal semakin baik. Namun konsekuensinya ban menjadi lebih cepat aus.

Tipe yang sama juga digunakan dalam balap MotoGP. Pada musim ini, Michelin meluncurkan tiga jenis ban, yakni power slick, power intermediate dan power rain. Untuk ban power slick, Michelin membaginya menjadi kompon lunak, sedang dan keras. Lalu untuk ban power rain dan intermediate dibagi menjadi dua kompon, yaitu lunak dan keras.

ban-motor-motogp-2

Adanya bermacam-macam jenis dan kompon ban, tentu bisa membuat orang kesulitan untuk membedakannya. Oleh karena itu terdapat garis warna pada ban yang bertujuan untuk membedakan jenis dan kompon. Ada tiga warna untuk menandakan masing-masing jenis ban dan komponnya, antara lain kuning abu-abu, putih, biru dan hitam (tanpa warna).

Sedangkan untuk tipe ban dapat dilihat dengan melihat fisiknya. Ban kering atau slick alurnya cenderung lebih sedikit. Bahkan terkadang tidak ada alur kembangan sama sekali. Ban ini lazim kita jumpai pada ajang bergengsi MotoGP. Ban jenis ini dapat bekerja dengan maksimal ketika temperatur tinggi.

Lalu untuk ban basah atau wet memiliki alur kembangan yang lebih banyak. Bahkan paling banyak dibandingkan tipe ban lainnya. Alurnya rata-rata sampai ke pinggir ban. Fungsi kembangan tersebut adalah untuk membuang air yang banyak dan agar semakin lancar. Dengan kembangan tersebut efek aquaplanning dapat diminimalisir.

Demikian adalah beberapa jenis ban MotoGP. Semoga informasi yang disajikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: oto sport, kembangan ban motor banyak atau sedikit?, mengenal jenis bab moto gp, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply