Home Mobil Tips Modifikasi Velg Mobil, Perhatikan 3 Hal Berikut

Tips Modifikasi Velg Mobil, Perhatikan 3 Hal Berikut

0 102

Modifikasi Velg Mobil, Velg pada kendaraan seakan sudah tidak terpisahkan lagi. Pasalnya komponen ini menjadi salah satu faktor yang membuat kendaraan bisa melaju. Namun velg pada mobil dan motor memiliki fungsi lain, yakni untuk mempercantik tampilan eksterior.

Karena hal itulah banyak para pemilik mobil yang mengganti velg bawaan pabrik dengan produk aftermarket yang memiliki tampilan lebih memikat. Cukup dengan ubahan tersebut, tampilan mobil akan menjadi lebih sedap untuk dipandang. Namun perlu dicatat, ubahan velg tidak boleh dilakukan sembarangan.

Sama halnya dengan sepatu, apabila ukurannya tidak tepat justru membuat kaki menjadi sakit. Ujung-ujungnya perjalanan menjadi tidak menyenangkan lantaran menahan rasa sakit pada kaki.

Perlu dicatat, ban dan velg merupakan bagian terakhir dari proses distribusi tenaga yang menggerakkan mobil. Selain itu kedua komponen ini merupakan bagian pertama yang menyentuh medan jalan. Tidak hanya untuk menggerakkan mobil dan mempermanis tampilan kendaraan, ban dan velg juga bertugas untuk meredam permukaan jalan.

Karena fungsi-fungsi tersebut sudah sepatutnya pemilik mobil memperhatikan betul-betu sebelum mengganti velg. Penggantian yang tidak sesuai aturan akan membuat perjalanan Anda terganggu dan dapat berakibat fatal. Untuk itu berikut adalah tips modifikasi velg mobil yang bisa Anda pelajari, sebagaimana dikutip dari laman Oto:

tips-modifikasi-velg-mobil-2

Tambah ukuran

Menambah ukuran ban dan velg merupakan cara yang banyak dilakukan pemilik mobil ketika hendak memodifikasi sektor kaki-kaki. Dengan ubahan sederhana ini, mobil menjadi terlihat lebih bergaya. Jika Anda juga tertarik untuk mengganti ban atau velg yang lebih besar dari ukuran standar, ada beberapa hal yang harus dicatat.

Sebagai contoh, jika velg standar mobil berukuran 15 inci, lalu Anda ingin menggantinya menjadi 17 inci, pertimbangkan ruang di dalam fender. Dengan bertambahnya dimensi velg dan ban, maka ruang yang dibutuhkan juga lebih besar. Hal ini bertujuan agar ban tidak bersentuhan dengan bagian dalam maupun bibir fender ketika bermanuver atau suspensi berartikulasi.

Jika Anda kurang paham, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada bengkel terpercaya. Tanyakan berapa ukuran maksimal velg dan ban yang dapat muat di mobil. Jika Anda memaksakan dengan melakukan modifikasi pada bagian tertentu supaya velg muat, pastikan ubahan tersebut tetap menjamin keamanan pengguna ketika dipakai di jalan.

Baca juga: Panduan Mengganti Velg Dan Ban Mobil

Jangan asal ganti PCD velg

PCD atau Pitch Circle Diameter merupakan diameter pola baut pada roda. Jika Anda perhatikan, jarak antar baut di roda bisa berbeda pada setiap merek. Contohnya, mobil A mempunyai empat baut dengan ukuran PCD 100 mm (atau biasa disebut PCD 100), sementara mobil B mempunyai PCD 114. Maka kedua mobil tersebut tidak bisa berbagi velg.

Perlu diketahui, produsen velg umumnya menyediakan beragam pilihan PCD dan jumlah baut. Banyak pemilik yang memutuskan memodifikasi jumlah baut roda atau PCD supaya velg yang diinginkan bisa terpasang. Ada juga yang menyesuaikan jumlah dan PCD baut pada velg itu sendiri.

Sebenarnya hal di atas banyak dilakukan oleh masyarakat, namun tidak disarankan. Seperti yang sudah dijelaskan, ban dan velg merupakan dua komponen yang menjadi kesatuan dan yang pertama bersentuhan dengan jalan. Perubahan PCD, jumlah baut ataupun memodifikasi velg memiliki banyak risiko karena adanya perubahan kekuatan dan geometri sistem penggerak.

Hal yang bisa terjadi adalah velg pecah secara tiba-tiba ataupun velg lepas dan menjauhi mobil. Tidak hanya itu saja, ubahan tersebut juga bisa menimbulkan kecelakaan yang fatal.

tips-modifikasi-velg-mobil-3

Bobot velg

Hal terakhir yang patut Anda perhatikan adalah bobot velg. Jika Anda memilih velg yang berat, maka Anda akan mengalami kesulitan jika sewaktu-waktu mobil mengalami pecah ban. Tidak hanya itu saja, ada kerugian lain yang ditanggung oleh pemilik mobil yang mengganti velg dengan yang lebih berat. Bobot velg yang lebih berat akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Perlu diketahui, setiap pabrikan sudah menghitung bobot, ukuran ban dan velg yang sesuai. Baik dari segi teknis ataupun ekonomis. Sisi teknis berhubungan dengan banyak hal, contohnya adalah dalam hal pengereman.

Ban dan velg standar bawaan pabrik sudah dibuat sedemikian rupa sehingga daya rem yang diperlukan tidak akan menguras tenaga sistem pengereman. Dengan begitu komponen akan lebih awet dan pengereman dapat dilakukan secara efektif. Lain halnya jika Anda mengganti ban yang lebih besar dan berat, maka ubahan ini akan berdampak langsung terhadap pengereman mobil.

Pengereman tetap bisa Anda lakukan, akan tetapi berapa jarak dan waktu yang diperlukan untuk mengerem ketika memakai velg aftermarket yang berat harus Anda pikirkan. Jika Anda tetap ingin mengganti velg yang lebih berat, kunjungi bengkel kepercayaan Anda untuk melakukan kalibrasi ulang terhadap daya pengereman.

Lalu untuk segi ekonomis, salah satunya adalah dari sisi pengguna. Ban an velg yang berat membuat mesin bekerja lebih berat hanya untuk menggerakkan roda. Hal ini tentu membuat konsumsi bensin lebih boros dari sebelumnya.

Demikian adalah tips modifikasi velg mobil yang bisa Anda pertimbangkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply