Home Motor Cara Mencuci Motor Sendiri, Hindari Melakukan 3 Hal Ini

Cara Mencuci Motor Sendiri, Hindari Melakukan 3 Hal Ini

0 124

Cara Mencuci Motor Sendiri, Bagi sebagian orang, sepeda motor tidak hanya sebatas kendaraan yang memudahkan pemiliknya untuk menuju ke suatu tempat. Motor juga bisa menjadi sarana hobi atau menjadi barang kebanggaan dari pemilik. Oleh karenanya, tampilan motor harus selalu diperhatikan agar terlihat menarik saat dipandang.

Memasuki musim penghujan seperti saat ini, para pemilik kendaraan roda dua harus memberikan perhatian ekstra kepada motor kesayangannya. Karena tidak jarang di saat seperti ini motor akan sering terkena air hujan. Tidak hanya itu, kotoran seperti lumpur akan dengan mudah menempel pada bagian motor. Jika tidak segera ditangani, hal tersebut dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Jika sudah seperti ini, pemilik sepeda motor biasanya akan langsung mencucinya. Mencuci bisa dilakukan di tempat pencucian motor ataupun mencucinya sendiri di rumah. Bagi Anda yang terbiasa mencuci sendiri, sudah tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan?

Mencuci motor memang tidak asal menyiramnya dengan air lalu membersihkannya dengan sabun begitu saja. Ada teknik yang harus dilakukan supaya komponen pada motor terhindar dari masalah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pantangan saat mencuci motor, sebagaimana dilansir Autoevolution dari Liputan6:

Mencuci Motor dengan Sabun Cuci Piring 2

Cuci motor saat mesin masih panas

Mungkin beberapa orang sering melakukan kesalahan ini. Perlu diketahui, air dan panas bukanlah hal yang bagus. Pada pelajaran fisika dasar, disebutkan bahwa logam akan memuai saat panas dan akan kembali pada bentuk semula ketika dingin. Hal tersebut juga patut diperhatikan saat Anda hendak mencuci motor.

Dalam buku manual, pemilik motor tidak dianjurkan untuk menyiram mesin atau knalpot yang masih panas. Sebab hal tersebut bisa memunculkan permasalahan baru. Bahkan kondisi terparahnya dapat membuat blok mesin retak dan kerusakan pada krom dan lapisan nikel. Oleh karena itu, jika ingin mencuci motor tunggulah hingga suhu motor dingin.

Baca juga: Cara Cuci Motor Injeksi

Langsung membersihkan bodi

Membersihkan motor juga ada aturannya. Sebab jika dilakukan sembarangan justru motor yang menjadi korbannya, misalnya bodi menjadi baret.

Untuk membersihkannya, dahulukan bagian yang paling kotor terlebih dahulu. Contohnya adalah ban, spakbor dan bagian detail mesin. Sesudah itu baru cuci bagian bodi. Ketika membersihkan, disarankan untuk membedakan alat pembersih untuk roda, mesin dan bodi. Di samping itu dianjurkan untuk memakai sarung tangan saat mencuci.

Menyemprot rantai dengan air bertekanan

Untuk motor yang mempunyai rantai, cuci bersih bagian rantai terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian lain. Ketika membersihkan komponen ini, jangan siram dengan menggunakan semprotan air bertekanan. Rantai memiliki z-ring, o-ring atau x-ring. Ring tersebut dilumasi dengan gemuk saat rantai dirakit. Jika disemprot air bertekanan, gemuk bisa hilang dan mengganggu performa rantai saat motor digunakan.

Untuk itu, jika ingin membersihkan rantai motor pakailah produk khusus yang dibuat untuk membersihkan rantai. Di samping itu jangan pula memakai sabun untuk membersihkannya.

Demikian adalah cara mencuci motor sendiri yang perlu Anda perhatikan. Hindari kebiasaan di atas supaya tampilan dan performa motor tetap baik.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply