Home Motor Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir, Lakukan Ini

Cara Mengatasi Motor Matic Mogok Karena Banjir, Lakukan Ini

0 117

Cara Mengatasi Motor Matic Mogok, Beberapa wilayah di Indonesia belakangan ini sering dilanda hujan. Dalam situasi seperti itu, para pengendara motor dihimbau untuk selalu waspada dan memperhatikan kondisi motornya. Ada beberapa permasalahan yang kerap menghantui para pengguna motor saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah banjir yang menggenangi jalan.

Banjir merupakan pemandangan yang lazim ditemui di Indonesia. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara motor. Sebab terkadang sangat sulit untuk mengetahui seberapa tinggi genangan air yang ada di jalan. Bahkan beberapa pengendara tetap nekad untuk melaluinya. Tak jarang motor-motor yang mencoba untuk melalui banjir justru mogok di tengah jalan karena genangan air yang tinggi.

Penyebab mogoknya motor bisa bermacam-macam. Untuk motor kecil seperti skuter matik, penyebabnya bisa karena air masuk ke dalam knalpot. Selain itu juga bisa dikarenakan busi yang basah.

Sebenarnya menerobos banjir bukanlah hal yang direkomendasikan. Kendati begitu ada cara yang bisa Anda lakukan jika terlanjur melakukannya dan motor matic mogok. Dilansir dari Dapurpacu, Rojak, salah satu mekanik AHASS Petamburan, Jakarta Pusat memiliki beberapa tips yang bisa Anda coba. Berikut adalah cara mengatasi motor matic yang mogok karena banjir.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuang air yang masuk dari knalpot. Caranya, cari pijakan yang lebih tinggi, lalu tempatkan roda depan ke posisi lebih tinggi. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mengangkat roda depan. Dengan cara ini, air yang ada di dalam knalpot akan keluar dengan mudah.

cara-mengatasi-motor-matic-mogok-2

Apabila genangan yang diterjang cukup tinggi dan menyebabkan air masuk hingga ke bagian filter udara, untuk membuangnya cukup dengan membuka selang kecil yang ada di bagian bawah filter udara. Untuk itu pengendara motor matic selalu dianjurkan untuk membawa perlengkapan kunci agar mempermudah di situasi darurat seperti itu.

Apabila kedua bagian tersebut sudah diperiksa dan dibersihkan, langkah berikutnya jangan langsung menghidupkan mesin. Buka dan bersihkan bagian busi, karena komponen yang satu ini sangat rawan kemasukan air.

“Kemudian, saat hendak menyalakan sebaiknya jangan menggunakan elektrik starter, gunakan kick starter, karena besar kemungkinan masih ada air di bagian-bagian terntentu, seperti di bagian CVT, dan pastiin kunci kontak di posisi off. Setelah dirasa cukup, kemudian dinyalakan tapi jangan langsung dijalankan, biarkan beberapa saat, ” jelas Rojak.

Baca juga: Penyebab Motor Mogok Di Tengah Jalan

Ia menyarankan, setelah motor menerjang genangan air, dianjurkan untuk melakukan penggantian oli dan perawatan ke bengkel resmi.

“Kalau habis menerjang banjir dan mogok, sebaiknya segera ganti pelumas mesinnya, karena bisa saja ada air yang masuk ke dalam mesin dan oli tercampur air. Jika dibiarkan mesin akan karatan dan akan merusak bagian mesin,” saran Rojak.

Demikian adalah beberapa cara mengatasi motor matic mogok karena mogok. Selamat mencoba dan tetap berkendara dengan aman.

Source: Cara mengatasi motor matic mogok saat banjir, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply