Home Mobil Cara Mengatasi Mobil Mogok Karena Kehabisan Bensin

Cara Mengatasi Mobil Mogok Karena Kehabisan Bensin

0 106

Cara Mengatasi Mobil Mogok, Mobil mogok terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah kehabisan bensin. Meskipun mobil sudah dilengkapi dengan indikator bahan bakar, pada kenyataannya permasalahan klasik ini tetap bisa menimpa siapa saja.

Raja Nami Siregar, Kepala Bengkel Auto2000 cabang Ciledung mengatakan bahwa mobil yang kehabisan bensin tentu akan membuat mesin bekerja. Namun tidak perlu khawatir, sebab kondisi tersebut tidak menimbulkan risiko besar bagi kendaraan.

“Risiko kehabisan bensin, mesinnya akan mogok. Itu saja, tidak ada risiko lainnya,” kata dia, dilansir dari Okezone.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi mobil mogok karena kehabisan bensin?

Apabila Anda sudah mengisi bensin pada mobil, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menunggu beberapa saat sebelum menghidupkan mesin. Tujuannya supaya bahan bakar mengalir ke sistem pembakaran secara sempurna terlebih dahulu. Hindari untuk memaksakan menghidupkan mesin mobil dalam kondisi bensin belum sempurna mengalir. Sebab hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan pada komponen lain.

“Setelah bensin terisi, posisikan kunci kontak ke ‘On’. Tunggu beberapa saat hingga BBM mengisi komponen sistem bahan bakar dan selanjutnya mesin dapat dinyalakan serta berfungsi normal,” jelas Raja.

Jika tangki bensin sudah terisi namun mesin tetap tidak dapat hidup, maka Anda harus memeriksa komponen penyuplai bahan bakar, yaitu karburator atau sistem injeksi. Menurut laman ACC, dari tangki, bahan bakar dipompa ke karburator. Campuran bensin dan udara akan disalurkan ke pengapian untuk menggerakkan piston.

cara-mengatasi-mobil-mogok-2

Permasalahan yang sering terjadi adalah karburator bisa saja kelebihan atau kekurangan bensin. Untuk itu, buka karburator untuk memastikan apa yang terjadi. Apabila banjir, biarkan terbuka beberapa waktu dan hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas atau injak dalam-dalam.

Selain karburator, pompa bensin juga bisa menyebabkan mobil mogok. Untuk memeriksanya, lepas selang bahan bakar dan masukkan ujungnya ke wadah, diikuti dengan menghidupkan mesin. Apabila bahan bakar masih mengalir, itu artinya pompa bensin masih berfungsi normal.

Pada mobil injeksi, langkah yang dilakukan adalah mengendurkan fuel rail di dekat throttle body, kemudian hidupkan mesin. Apabila bensin menyemprot dengan keras, maka pompa, filter dan fuel pressure masih bekerja dengan baik. Namun jika tidak menyemprot, maka pompa bensin kemungkinan mengalami permasalahan sehingga perlu diganti. Biasanya ketika pompa bensin bermasalah, sekring EFI yang ada di boks sekring juga putus.

Sebagai tambahan, walaupun indikator atau jarum penunjuk bensin di posisi ‘E’ (empty), mobil tetap mempunyai bahan bakar cadangan atau reservoir (RES). Hal ini akan berguna bagi pengguna mobil untuk menjangkau SPBU terdekat.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Akan tetapi perlu dicatat bahwa volume sisa bensin cadangan di masing-masing mobil berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan kapasitas tangki berbeda antara mobil satu dengan mobil lainnya. Biasanya pabrikan membuat tangki cadangan dengan kapasitas 5 liter. Akan tetapi jika ukuran tangkinya lebih besar, maka sisanya bisa mencapai 10 liter.

Apabila diasumsikan konsumsi BBM rata-rata mobil mencapai 15 km/liter, maka dengan reservoir 5 liter pengemudi masih bisa meneruskan perjalanan hingga 75 km. Itu artinya sudah cukup banyak bagi pengemudi untuk menjangkau stasiun pengisian bahan bakar terdekat.

Demikian adalah cara mengatasi mobil mogok karena kehabisan bensin yang bisa Anda coba ketika mengalami permasalahan tersebut.

Source: mobil mogok karena kehabisan bensin, cara mengatasi karburator banjir, cara mengatasi mobil injeksi mogok, langkah ketika memperbaiki mobil mogok, mengatasi mobil saat kehabisan bensin, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply