Home Mobil Efek Memakai Pertamax Turbo pada Motor dan Mobil

Efek Memakai Pertamax Turbo pada Motor dan Mobil

0 185

Efek Memakai Pertamax pada Motor, Pertamax Turbo merupakan salah satu produk yang ditawarkan Pertamina untuk para pemilik kendaraan. Kehadiran bahan bakar ini rupanya juga menarik rasa penasaran banyak orang untuk mencoba dan merasakan seperti apa kelebihan yang ada pada Pertamax Turbo. Namun tidak sedikit pula yang ragu dan bertanya-tanya apakah mobil atau motor miliknya cocok untuk memakai BBM tersebut.

Ada pihak yang khawatir penggunaan Pertamax Turbo bukan mendatangkan keuntungan pada performa, namun justru membuat mesin cepat panas. Alasannya kandungan Research Octane Number (RON) 98 tidak cocok atau rasio kompresi 12:1 untuk mobil. Lalu apakah anggapan tersebut benar?

“Kalau memang bicara teknis dari mobil atau motor untuk kompresi rasionya, maka yang harus dipastikan adalah konsumen harus kembali kepada manual book kendaraannya,”  jelas Afandi Anwar, Vice President Retail Fuel Marketing, sebagaimana dilansir dari Dapurpacu.

Perlu diketahui, dalam manual book dijelaskan bahan bakar dengan RON berapa yang cocok untuk mobil atau motor tersebut. Apabila disebutkan bahwa minimalnya kurang dari Pertamax Turbo, maka kendaraan tersebut bisa memakai BBM ini.

“Selain itu bicara teknis dalam manual book, maka Pertamax Turbo sangat cocok bagi para pengguna kendaraan yang cinta akan akselerasi dan kecepatan yang tinggi,”  kata Afandi.

bbm-pertamax-turbo-2

Para pengguna motor yang memakai BBM Pertamax Turbo juga mengakui lebih nyaman memakai RON yang lebih tinggi seperti Pertamax Turbo. Sebab BBM tersebut membuat pembakaran menjadi jauh lebih baik.

“Dengan pembakaran yang jauh lebih baik, maka jelas hasilnya mesin lebih tahan lama dan penggunaan bahan bakar jadi jauh lebih irit,” ujarnya.

Kelebihan lain yang dirasakan pengguna mobil atau motor adalah tidak perlu memaksakan atau menekan gas untuk memperoleh kecepatan yang diinginkan.

“Saya bicara begini karena telah melalui berbagai kajian yang telah dilakukan secara berkala oleh Pertamina untuk Pertamax Turbo,” ungkap Afandi.

Dikutip dari blog Iwan Banaran, beberapa pemilik motor memberikan testimoninya ketika memakai Pertamax Turbo. Sebagai contoh Indra, pemilik Honda Vario 150 ISS. Ia mengungkapkan kesan pertama setelah memakai BBM tersebut mesin menjadi lebih halus dan kencang.

Sementara menurut Iqbal, pemilik Yamaha X-Ride mengungkapkan bahwa penggunaan Pertamax Turbo pada motor miliknya berdampak pada konsumsi BBM yang lebih irit.

“Sebelumnya saya pakai plus emang irit juga tapi tetep aja dibanding dengan turbo tetap irit turbo,” ujarnya.

Lalu bagaimana hasilnya jika dipakai pada mobil?

Dikutip dari laman Autos.id, penggunaan Pertamax Turbo pada Toyota Yaris berdampak positif pada performa. Suara knalpot menjadi lebih halus. Di samping itu akselerasi mobil menjadi lebih responsif. Mobil dapat melesat kencang tanpa perlu menginjak pedal gas dalam-dalam. Bahkan dari hasil pengujian, hatchback ini dapat menembus kecepatan 110-120 km/jam.

Sebagai informasi, Toyota Yaris memakai mesin 1.500 cc 4 silinder 16 katup DOHC dengan teknologi VVT-i. Rasio kompresi mesin mobil ini mencapai 10,5:1. Menurut keterangan manual book, Yaris cocok menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 92.

Itulah efek memakai Pertamax Turbo pada motor dan mobil. Dari beberapa testimoni di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba bahan bakar dengan RON 98 yang satu ini?

Source: pertamax, iwan banaran, apa kelebihan turbo, Efek pertamax turbo, efek pertamax turbo untuk motor, kendaraan yg cocok konsumsi pertamax turbo, keuntungan memakai pertamax turbo, motor honda matic yang cocok memakai pertamax turbo, pakai pertamax cepat panas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply