Home KTM Tips Servis KTM RC250 Indonesia, Bawa ke Bengkel Setiap 7500 Km

Tips Servis KTM RC250 Indonesia, Bawa ke Bengkel Setiap 7500 Km

0 103

KTM RC250 Indonesia, KTM RC250 merupakan pendatang baru di segmen sport 250 cc. Meskipun kalah terkenal dari motor sport asal Jepang, KTM RC250 tetap menjadi incaran para pecinta motor. Terlebih ketika harga model ini diturunkan saat pameran IIMS 2016 kemarin.

Salah satu daya tarik dari motor ini adalah DNA balap yang diusung. Tampilannya dibuat ramping dan tampak menyerupai motor balap Moto3. Untuk suspensi mengandalkan merek WP Suspension jenis upside down. Sementara untuk dapur pacu mengandalkan silinder tunggal dengan kapasitas 248,8 cc.

Jika Anda merupakan salah satu pemilik RC250, jangan melupakan perawatannya. Hal ini menjadi kegiatan wajib para pemilik motor. Lalu seperti apa perawatan yang harus dilakukan para pemilik KTM RC250? Berikut adalah panduan servis, sebagaimana dihimpun dari Otomotifnet.

Perawatan berkala dilakukan setiap kelipatan 7.500 km. untuk setiap kali servis pemilik harus melakukan penggantian oli mesin. Anda akan membutuhkan 1,8 liter oli sehingga harus membeli 2 botol isi 1 liter per botol. Namun apabila motor sering dipakai, maka penggantian dilakukan lebih cepat.

“Jika pemakaian motor rutin setiap hari kita reminder ke konsumen untuk melakukan penggantian lebih cepat yaitu pada 6.000 km. Itu untuk amannya saja, tapi kalau tetap mau melakukan penggantian oli sesuai buku servis juga tidak masalah. Asal jangan melebihi anjuran karena akan menggagalkan garansi,” jelas Karmanto, Service Advisor PT Penta Jaya Motor yang merupakan agen pemegang merek (APM) KTM.

ktm-rc250-2016-indonesia-2

Pilihan oli motor ini ada dua macam, yakni Motorex Formula semi sintetis dan Motorex Power Synthetic full sintetis. Namun dari kedua jenis itu, Karmanto menganjurkan untuk memakai oli full sintetis, karena membutuhkan durability oli yang bagus.

Untuk kelipatan 7.500 km, selain mengganti oli mesin pemilik juga diharuskan untuk mengganti filter oli. Di samping itu filter udara juga perlu dilakukan penggantian. Dengan begitu, ada 3 komponen yang harus diganti pemilik setiap servis berkala di kelipatan ini.

“Filter udara ini sama dengan oli, penggantian bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama tergantung dari kondisi medan serta cuaca tempat konsumen berada. Filter udaranya masih tipe kertas kering sehingga bisa dibersihkan dengan angin kompresor,” terang Karmanto.

Salah satu hal yang patut dicatat, KTM RC250 menggunakan busi Bosch yang sangat jarang digunakan pada motor. Biasanya busi buatan Bosch banyak dipakai mobil. Alhasil busi untuk motor ini sangat sulit ditemukan di pasaran.

“Busi ini punya bentuk yang aneh dan jarang ditemui. Sehingga untuk pembelian businya harus di dealer KTM. Karena punya drat yang rapat namun kunci kecil hanya berukuran 14 mm. Penggantiannya tiap kelipatan 15.000 km,” ungkap Karmanto.

Ia menambahkan bahwa sektor injeksi tidak perlu selalu dibersihkan. “Biasanya akan ditanya terlebih dahulu kalau ada keluhan seperti mesin brebet atau tenaga loyo. kalau gak ada keluhan tidak perlu dicek karena kalau tiap servis dibuka juga gak bagus, karena bisa membuat sil bocor atau sobek,” jelasnya.

Bagian yang perlu diperiksa berikutnya adalah sistem kelistrikan. Untuk bagian ini dilakukan pemeriksaan ringan seperti nyala keseluruhan lampu. Di samping itu dilakukan pula penyetelan dan pelumasan rantai. Kondisi setrum aki juga tidak luput dari pengecekan.

Menariknya, bengkel KTM menyediakan jasa antar jemput untuk servis bagi pemilik yang tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke bengkel.

“Bagi konsumen yang sibuk atau tidak sempat mampir ke bengkel, kita sediakan layanan home service antar jemput Jabodetabek menggunakan towing dengan kisaran harga Rp 200-400 ribu. Pembayaran dilakukan setelah motor selesai servis,” ujar Karmanto.

Tarif servis dan harga part KTM RC250:

  • Jasa: Rp 155.000
  • Oli Motorex Formula: @ Rp 195.000
  • Oli Motorex Power Synthetic: @ Rp 265.000
  • Filter udara: Rp 250.000
  • Filter oli: Rp 200.000
  • Busi: Rp 325.000
  • Air radiator: Rp 69.000
  • Kampas rem depan: Rp 375.000
  • Kampas rem belakang: Rp 95.000

Demikian adalah panduan servis KTM RC250 Indonesia. Jangan lupa untuk melakukan servis berkala agar performa motor selalu terjaga.

Source: ktm rc250, ktm rc 250, rc250, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply