Home Mobil Hatchback Komparasi Suzuki Baleno Terbaru vs Hatchback di Indonesia

Komparasi Suzuki Baleno Terbaru vs Hatchback di Indonesia

0 116

Suzuki Baleno Terbaru, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memiliki satu model yang cukup potensial untuk hadir di Indonesia. Model tersebut adalah Suzuki Baleno terbaru yang sempat diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 pada bulan Agustus kemarin. Hanya saja hingga saat ini SIS masih belum memastikan kapan mobil tersebut hadir di Tanah Air.

Mendengar nama Baleno, tentu pikiran kita langsung tertuju pada sosok sedan. Memang mobil ini sempat dipasarkan di Tanah Air dalam wujud sedan hinga generasi terakhirnya. Sedangkan saat ini Suzuki Ciaz menjadi andalan produsen otomotif asal Negeri Samurai itu. Sedangkan Baleno berubah wujud menjadi hatchback terbaru Suzuki.

Menurut data yang dipaparkan Suzuki saat pameran GIIAS 2016, Baleno mengandalkan jantung pacu 1.4 liter. Hal inilah yang cukup menarik perhatian. Pasalnya Suzuki sudah memiliki Swift yang juga mengusung mesin 1.4 liter. Muncul pertanyaan apakah Suzuki akan memutuskan untuk mengganti Swift dengan Baleno. Hanya saja belum dapat diketahui apa rencana SIS ke depannya.

Apabila nantinya Suzuki Baleno resmi dipasarkan di Indonesia, maka mobil ini akan menjadi pesaing baru bagi Honda Jazz, Hyundai i20, Mazda2 dan Toyota Yaris. Semua mengusung mesin dengan kapasitas serupa. Harga yang dipatok juga kompetitif. Lalu apakah Baleno bisa bersaing dengan rival-rivalnya ini? Berikut adalah komparasi Suzuki Baleno vs hatchback di Indonesia, dirangkum dari laman DetikOto.

Desain dan dimensi

Mengenai desain kelima hatchback ini, setiap orang tentu memiliki penilaian masing-masing. Untuk Honda Jazz dan Mazda2 menonjolkan garis bodi yang tegas. Begitu juga dengan Toyota Yaris yang terlihat sporty. Sementara Hyundai i20 dan Suzuki Baleno terkesan lebih sederhana.

toyota-yaris-2016-indonesia

Baleno memiliki desain modern yang termasuk ke dalam generasi bahasa desain baru dari Suzuki. Melirik bagian depan, terdapat grille berbentuk V yang tampak segar. Sementara lampu depan dibuat mirip dengan Swift, hanya saja didesain lebih kecil. Lampu ini sudah dilengkapi dengan proyektor dan daytime running lights (DRL) yang berlaku untuk varian tertentu. Disematkan pula lampu kabut di bagian bawah lampu utama.

Kap mesin bagian tengah posisinya dinaikkan dan terdapat garis pahatan di kedua sisi yang dibuat turun hingga ke grille. Sedangkan di bagian samping terdapat lekukan dan pahatan pendukung aerodinamika. Rumah roda tidak didesain padat dan berpadu dengan roda berdiameter 16 inci. Lalu bagian belakang terdapat kaca belakang yang besar pada tailgate.

Melihat dimensinya, Suzuki Baleno memiliki panjang 3.995 mm, dengan lebar 1.745 mm dan tinggi 1.500 mm. wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 2.520 mm. Jika dibandingkan dengan hatchback lain, Yaris menjadi yang terpanjang dengan 4.115 mm. Sementara Baleno yang paling lebar dan Jazz tertinggi dengan 1.524 mm.

mazda2-2016-indonesia

Sementara wheelbase paling panjang adalah i20 dan Mazda2 yang mencapai 2.570 mm. disusul oleh Yaris yang mencapai 2.550 mm dan Jazz 2.3530 mm. Sedangkan wheelbase Baleno menjadi yang paling pendek.

Baca juga: Suzuki Baleno Indonesia Dipasarkan Maret 2017?

Mesin

Suzuki Baleno yang dipasarkan di India tersedia dalam tiga pilihan mesin, antara lain 1.0 liter turbo, 1.2 liter naturally aspirated, dan 1.3 liter diesel. Sedangkan unit yang dipamerkan di GIIAS 2016 memakai mesin K14 4-silinder 1.4 liter seperti yang dipakai Ertiga, Ciaz dan Swift Indonesia. Hanya saja belum dijelaskan berapa besar tenaga yang dihasilkan mesin tersebut. Pilihan transmisi hanya disebutkan MT dan AT.

honda-jazz-2016-indonesia

Tidak menutup kemungkinan keluaran tenaga mesin tersebut hampir sama dengan sedan Ciaz dan Swift. Yakni dengan daya 94 hp dan torsi puncak 130 Nm. Sementara transmisi otomatis bisa menggunakan 4-percpeatan konvensional atau CVT seperti milik Celerio.

Hyundai i20 bisa menjadi pesaing terdekat Baleno. Sebab mobil ini juga mengusung mesin 1.4 liter dengan tenaga 99 hp dan torsi 133 Nm yang dikombinasikan transmisi otomatis 4-percepatan. Sedangkan Jazz, Mazda2 dan Yaris sudah memakai mesin 1.5 liter. Tenaga yang dapat dikeluarkan mesin Honda Jazz 188 hp dengan torsi 145 Nm. Lalu Mazda2 mencapai 108 hp dan torsi 141 Nm. Sedangkan Yaris mencapai 106 hp dan torsi 140 Nm.

Toyota Yaris dan Honda Jazz mengandalkan transmisi CVT sebagai sistem perpindahan gigi. Lalu untuk Mazda otomatis 6-percepatan.

Jika melihat data teknis di atas, Jazz memiliki tenaga dan torsi paling besar. Disusul oleh Yaris dan Mazda2. Sedangkan i20 berada di peringkat terakhir dari rival. Nantinya bukan tidak mungkin Baleno akan berhadapan dengan Hyundai i20.

hyundai-i20-2016-indonesia

Kesimpulan

Secara spesifikasi, Suzuki Baleno sudah memiliki persiapan yang baik untuk berhadapan dengan rival yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Namun faktor lain yang tidak boleh dilupakan SIS adalah harga. Agar produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen, Suzuki harus bisa menekan harga sehingga kompetitif di segmen hatchback.

Di India sendiri hatchback Suzuki itu mendapat tanggapan positif dari masyarakat karena dukungan fitur dan harga. Hanya saja walaupun fitur yang ditawarkan menarik namun harga tidak bisa ditekan, maka tidak menutup kemungkinan Baleno kalah bersaing. Kondisi pasar mobil di Tanah Air hingga saat ini belum sepenuhnya pulih. Hal itu menandakan bahwa konsumen lebih berhati-hati dalam memilih mobil baru.

Sayangnya hingga sekarang Suzuki belum memberikan gambaran berapa harga Suzuki Baleno jika dipasarkan di Indonesia. Semoga saja harga yang ditawarkan nantinya bersaing dengan kompetitor.

Demikian adalah komparasi Suzuki Baleno terbaru vs hatchback di Indonesia.

Source: harga mobil hatchback baru, mobil baru suzuki ignis harga terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply