Home Mobil 3 Kerugian Beli Mobil Modif Bekas yang Perlu Diketahui

3 Kerugian Beli Mobil Modif Bekas yang Perlu Diketahui

0 190

Mobil Modif Bekas, Pasar mobil bekas di Tanah Air diisi oleh begitu banyak model. Hal ini menguntungkan calon konsumen, sebab dapat dengan mudah memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Dari sekian banyak pilihan yang ada di pasar mobkas, Anda juga bisa menjumpai mobil bekas modifikasi.

Mungkin bagi sebagian orang, mobil modifikasi terlihat menarik. Namun tidak untuk sebagian yang lain. Tidak semua orang suka mobil yang sudah dimodifikasi. Hal ini berdampak pada harga jual mobil tersebut ketika dijual.

“Oleh sebab itu mobil bekas yang telah dimodifikasi tidak bisa memiliki harga jual yang lebih tinggi. Bahkan bisa lebih murah, karena pembeli yang tidak suka harus memikirkan pengembalian kondisi mobil itu,”  ujar Afif budi Widyawan, dari Auto Land Jakarta Timur, sebagaimana dilansir Autobild.

Lalu apa saja kerugian konsumen yang membeli mobil modif bekas?

Kaki-kaki

kerugian-beli-mobil-modif-bekas-2

Tidak sedikit orang yang mengganti kaki-kaki mobil supaya tampil lebih menarik. Hal ini sah-sah saja dilakukan. Namun jika tidak sesuai aturan, tentu ada konsekuensinya.

“Jika pelek yang digunakan lebih besar 2 inci, kaki-kaki mobil akan cepat rusak. Selain itu menggunakan pelek yang lebih besar juga tidak nyaman untuk digunakan,”  kata Afif.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda membeli mobil bekas yang sudah mendapat penggantian set suspensi. Biasanya hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengendalian. Namun perlu diketahui, penggantian komponen tersebut akan membuat ground clearance mobil menjadi lebih rendah. Hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Selain itu penggantian suspensi bisa membuat bagian kolong cepat rusak, terlebih jika mobil sering digunakan untuk melalui jalan rusak. Oleh karenanya pemilik mobil bekas dengan kondisi tersebut disarankan untuk segera menggantinya dengan suspensi standar pabrik.

Body kit

kerugian-beli-mobil-modif-bekas-3

Selain sektor kaki-kaki, banyak pemilik mobil yang menambahkan beragam aksesori pada bodi mobil. Hanya saja penambahan aksesori tersebut berisiko merusak cat pada bodi saat dilepas. Contohnya spoiler dan fender yang pemasangannya melubangi bodi mobil.

Hal ini tentu harus menjadi catatan yang harus diingat oleh calon pembeli mobil bekas. Apabila tidak suka dengan aksesori tersebut dan berniat ingin melepasnya, akan ada lupa di bodi bekas pemasangan aksesori. Untuk menghilangkannya tentu Anda membutuhkan biaya tambahan dengan melakukan pengecatan.

Baca juga: Modifikasi Mobil yang Membahayakan Pengguna

Sistem audio

kerugian-beli-mobil-modif-bekas-4

Audio menjadi bagian yang tak luput dari sentuhan modifikasi. Penggantian audio secara ekstrem bisa mengorbankan komponen mobil lainnya. Sebagai contoh adalah doortrim. Apabila memakai speaker berdiameter lebih besar dari bawaan pabrik, sudah dipastikan harus membuat tempat baru yang dapat merusak doortrim.

Modifikator yang sudah berpengalaman biasanya akan mengingatkan konsumen untuk membeli doortrim lagi. Tujuannya supaya ketika mobil tersebut dijual kembali, kondisi mobil bisa dikembalikan seperti semula. Di samping itu modifikasi yang tergolong ekstrem akan membutuhkan banyak tempat di dalam mobil. Biasanya pemilik akan mengorbankan beberapa bagian di dalam kabin, misalnya bagasi.

Demikian adalah kerugian membeli mobil modif bekas yang perlu Anda catat. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi bahan pertimbangan ketika membeli mobil bekas, khususnya mobil yang sudah dimodifikasi.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply