Home Motor Cara Memperbaiki Speedometer Motor Rusak

Cara Memperbaiki Speedometer Motor Rusak

0 90

Cara Memperbaiki Speedometer Motor, Anda para pemilik motor tentu sudah tidak asing dengan keberadaan speedometer. Komponen motor yang satu ini merupakan perangkat informasi pengukur kecepatan yang biasa ditemui pada motor. Speedometer sudah menjadi perlengkapan standar setiap kendaraan, baik mobil ataupun motor.

Sama halnya dengan komponen lain, speedometer juga bisa mengalami kerusakan. Bahkan ada pula kasus speedometer motor mati setelah satu tahun dipakai. Ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kerusakan pada speedometer motor.

Dilansir dari Okezone, Bambang Suhartono, mekanik bengkel Pandawa yang berlokasi di Bogor mengatakan bahwa ada beberapa penyebab yang membuat speedometer rusak. Salah satu diantaranya adalah adanya kerak ataupun rusaknya gearbox yang ada di bagian roda depan.

Untuk itu, jika pemilik menjumpai speedometer mati disarankan untuk tidak langsung menggantinya. Pemilik dapat melakukan pemeriksaan lebih dahulu untuk memastikan apa penyebab rusaknya speedometer. Perlu diketahui, harga komponen yang satu ini tidaklah murah. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengetahui kerusakan speedometer motor dan bagaimana cara memperbaikinya.

Periksa kabel speedometer

Langkah yang perlu dilakukan, buka kabel speedometer yang ada pada kedok lampu, lalu putar roda bagian depan. Periksa apakah kabel tersebut ikut berputar atau tidak. Apabila kabel tidak berputar, kemungkinan bagian dalam kabel kotor atau berkerak yang menghambat kabel sehingga tidak dapat berputar.

speedometer-motor-1

Cara memperbaikinya tidak sulit, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan penghilang kerak yang bisa dibeli di toko aksesori motor. Tunggu beberapa menit, lalu putar kembali roda untuk memastikan bahwa kabel berputar dan kerak sudah terkikis dari rumah kabel.

Apabila tetap tidak bergerak, kemungkinan terdapat bagian kabel yang terputus di dalam. Apabila Anda menjumpai hal tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengganti kabel speedometer.

Cek gearbox

Cara berikutnya adalah dengan memeriksa gearbox speedometer. Gearbox ini terdapat di bagian bawah yang terhubung dengan roda. Untuk mengeceknya cukup melepas kabel speedometer yang terhubung dengan gearbox. Lalu putarlah roda. Apabila tuas gearbox berputar, maka peranti tersebut tidak rusak.

Akan tetapi jika rusak, anda perlu membongkarnya. Caranya dengan melepas roda depan, lalu buka kancing rumah gigi gear nanas memakai tang snap ring. Semprotkan cairan anti karat dan lumuri gigi gear nanas dengan gemuk. Setelah itu pasang kembali gearbox untuk memastikan komponen tersebut dapat kembali bekerja.

Baca juga: Penyebab Speedometer Motor Mati

Source: cara mengatasi spedometer motor mati, cara memperbaiki speedometer mobil, cara memperbaiki speedometer pada mobil, cara menyervis lampu yg sudah mati, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply