Home Mobil 5 Cara Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

5 Cara Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

0 125

Cara Menjaga AC Mobil Tetap Dingin, AC merupakan salah satu fitur yang hampir selalu ada pada mobil. Keberadaan fitur ini memang sangat penting, terlebih ketika cuaca sedang panas atau tengah terjebak macet. Dengan adanya AC, pengemudi dan penumpang akan tetap merasa sejuk selama berada di dalam kabin.

Oleh karena itu para pemilik mobil harus memperhatikan kondisi komponen yang satu ini. Sama seperti komponen lain, AC juga bisa mengalami permasalahan jika tidak dirawat dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar AC mobil tetap berfungsi normal.

Berikut adalah 5 cara merawat AC mobil yang dapat Anda lakukan dengan mudah, sebagaimana dilansir laman Autobild:

Jaga kebersihan kabin

Perlu dicatat, kabin yang jarang dibersihkan dapat memunculkan debu atau kotoran. Debu ini dapat menempel pada permukaan AC yang pada akhirnya membuat sistem pendingin tidak dapat bekerja dengan baik. Contohnya hembusan udara dari AC menjadi kurang dingin atau sejuk.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Jangan merokok saat AC menyala

Selain menjaga kebersihan, hindari kebiasaan merokok saat AC sedang bekerja. Tujuannya agar kualitas AC tetap terjaga. “Asap dari rokok yang dinyalakan akan terhisap ke dalam blower, lalu setelah asap yang dihisap oleh blower akan menempel pada evaporator. Kemudian yang terjadi adalah evaporator akan kotor dan akhirnya mengganggu kinerja dari evaporator sehingga AC jadi tidak dingin,” kata Ferry, dari Rotary Bintaro auto air conditioning specialist.

Hidupkan AC minimal satu kali dalam seminggu

Para pemilik mobil juga disarankan untuk menghidupkan AC mobil setiap seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mengatur tekanan udara sehingga kompresor dapat bekerja dengan baik. Saat melakukan langkah ini, pastikan menyalakan AC pada kecepatan paling tinggi dan atur ke suhu paling sejuk.

Jangan menaruh pengharum mobil dekat AC

Anda pasti sudah sangat sering menjumpai parfum mobil yang diletakkan di dekat AC mobil. Akan tetapi hal tersebut dinilai kurang tepat. Alasannya pengharum mobil mengandung zat kimia dan berminyak yang seiring waktu akan mengendap.

Kondisi tersebut membuat debu atau jamur dengan mudah bersarang di dalam evaporator. Selain itu kandungan yang dihasilkan pengharum sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan AC mengeluarkan aroma tidak sedap.

Jangan membuka jendela

Membuka jendela mobil memang dapat membuat udara masuk dan menjadikan kabin segar dan sejuk. Namun jangan melakukan hal ini ketika AC mobil sedang dinyalakan. Sebab ketika jendela mobil terbuka, debu dan kotoran dari luar dapat ikut masuk ke dalam dan mengotori kabin. Lama kelamaan hal tersebut akan membuat AC menjadi kurang dingin.

Demikian adalah cara menjaga AC mobil tetap dingin dengan mudah. Dengan menjaga kondisi AC mobil, maka Anda akan terhindar dari pengeluaran yang besar.

Source: cara membersihkan evaporator ac mobil dengan air, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply