Home Motor 5 Hal yang Mempengaruhi Umur Aki Motor

5 Hal yang Mempengaruhi Umur Aki Motor

0 69

Umur Aki Motor, Aki merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Perangkat ini bertugas untuk menunjang sistem kelistrikan pada mobil ataupun sepeda motor. Aki ini memiliki masa pemakaian. Jika sudah lewat dari masa pakai, maka pemilik perlu melakukan penggantian.

Umur pakai aki motor bisa berbeda-beda. Ada yang lebih cepat dari yang diperkirakan dan ada pula yang bisa lebih lama. Hal tersebut tidak lepas dari bagaimana cara pemilik merawat dan menggunakannya.

Dilansir dari Okezone, Product Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Dedy Ismanto mengatakan bahwa ada 5 hal yang mempengaruhi umur aki motor. Apa saja kelima faktor tersebut?

Berikut adalah 5 hal yang mempengaruhi umur aki motor:

Cara pemasangan

Hal pertama yang dapat menentukan usia pakai aki adalah cara pemasangan pertama kali di motor. Kebanyakan pemilik motor langsung memasang aki di motor ketika menggantinya di bengkel.

“Ada yang saat pertama kali harus diisi. Banyak hal yang bisa terjadi, seperti cairan tumpah, kurang, dan sebagainya. Itu akan memengaruhi umur aki pada saat digunakan nantinya,” ujar Dedy di acara peluncuran aki motor Bosch Ultra Gel Battery di Jakarta belum lama ini.

aki-motor-2

Jenis aki

Berikutnya adalah kecocokan jenis aki dengan motor. Biasanya masyarakat menyerahkan urusan jenis aki yang akan digunakan kepada pihak toko atau bengkel. Konsumen hanya mengatakan bahwa aki motornya mati tetapi tidak memilih sendiri produk yang akan dipakai. Pada akhirnya pemilik tidak mengetahui aki jenis apa yang dipasang pada motornya. Hal ini tidak benar, sebab jenis dan tipe aki juga dapat mempengaruhi usia pakai.

“Jangan-jangan salah pasang atau salah tipe aki, atau bahkan salah ukuran. Itu bisa mempengaruhi umur pakai dari aki tersebut,” jelas Dedy.

Perawatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seluruh komponen yang ada pada motor membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini juga berlaku untuk aki. Dengan rutin melakukan perawatan, kondisi aki akan selalu prima dan masa pakai menjadi lebih panjang.

Baca juga: 5 Penyebab Aki Motor Dan Mobil Cepat Tekor

Pemakaian perangkat elektronik

Faktor selanjutnya yang berkaitan erat dengan usia pakai aki adalah penggunaan perangkat elektronik pada motor. Ada pemilik yang menambah aksesori seperti charger untuk telepon genggam, lampu tambahan, alarm dan lain sebagainya. Perlu dicatat, pemakaian alat elektronik yang berlebihan akan membuat konsumsi listrik semakin besar.

Di samping itu aturan lalu lintas yang berlaku saat ini mewajibkan pengguna sepeda motor untuk menghidupkan lampu di siang hari. Hal ini tentu akan membuat aki bekerja lebih berat. Oleh karena itu jangan abaikan perawatannya.

Karakter pemakaian motor

Hal ini menjadi poin terakhir yang mempengaruhi panjang pendeknya usia pakai aki. Di Tanah Air pengguna motor dibagi menjadi dua. Pertama adalah intensif, artinya motor digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Sedangkan berikutnya adalah pengguna yang jarang memakai motor. Sepeda motor digunakan untuk sebatas hobi atau dikendarai di waktu tertentu.

Sering atau tidaknya motor tersebut digunakan juga dapat mempengaruhi usia aki. Sebab hal tersebut terkait dengan siklus hidup aki itu sendiri. “Seberapa sering dia berproses saat pengisian maupun nonpengisian. Itu pengaruh juga,” kata Dedy.

Demikian adalah 5 hal yang mempengaruhi umur aki motor. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi motor beserta komponen-komponennya dan melakukan perawatan di bengkel terpercaya atau resmi. Dengan demikian motor terhindar dari kerusakan serius. Semoga artikel di atas bermanfaat.

Source: 5 faktor pengaruhi umur aki, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply