Home Motor Efek Knalpot Racing pada Motor Standar

Efek Knalpot Racing pada Motor Standar

Efek Knalpot Racing pada Motor, Sepeda motor pada dasarnya berfungsi sebagai sarana transportasi agar pemilik mudah menjangkau suatu tempat dalam waktu yang lebih singkat. Namun seiring berjalannya waktu kendaraan roda dua tidak hanya berfungsi sebagai transportasi semata. Motor juga bisa menjadi media penyalur hobi pemiliknya.

Beberapa pemilik yang mempermanis tampilan motor sehingga terlihat menarik ketika digunakan. Ada pula yang memodifikasinya sehingga performa lebih gahar dan dapat berlari kencang. Berbicara soal modifikasi, banyak orang yang melakukan modifikasi pada motor kesayangannya. Hal ini biasa dilakukan lantaran sang pemilik kurang puas dengan performa kendaraan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak performa motor. Salah satu hal yang paling mudah adalah dengan mengganti knalpot standar. Biasanya pemilik akan menanggalkan knalpot bawaan pabrik dan menggantinya dengan knalpot racing. Trik ini dipercaya dapat meningkatkan performa mesin motor.

Akan tetapi sebagian masyarakat melakukan penggantian knalpot tanpa memodifikasi mesin. Dengan kata lain sektor dapur pacu tetap dibiarkan standar. Yang menjadi pertanyaan, apakah cara semacam itu tetap dapat menaikkan performa kendaraan?

Sebagaimana dilansir laman Liputan6, Iksan, salah seorang pemilik bengkel yang berada di Jakarta menyangsikan bahwa cara di atas dapat memberikan perubahan terhadap performa motor. Ia menjelaskan, apabila mesin dibiarkan dalam kondisi standar, efek pada performa tidak akan terasa.

“Mesin standar, knalpot racing, dengan semua standar. Kita ukur berapa puluh kilo, siapa duluan yang sampai? Sama,” terangnya.

Lebih lanjut Iksan mengatakan, modifikasi tersebut justru berpotensi membebani mesin motor. Mesin bisa menjadi mudah panas dan tidak efisien dalam pemakaian bahan bakar. “Bisa lebih boros dan mesin cepat panas. Hanya memang tidak spontan. Lalu, perlahan tapi pasti, aturannya standar servis besar dua tahun, jadi hanya setahun,” ujarnya.

Apabila pemilik motor ingin mengganti knalpot standar dengan jenis racing, maka sebaiknya sektor mesin juga mendapat sentuhan modifikasi. Caranya bisa dengan porting polish, memperbesar spuyer maupun mengubah celah klep.

“Tapi kalau saya pilih seher, kampas, klep, yang standar saja. Saya pilihnya main per kopling sama pengapian. Itu sudah cukup, baik untuk harian atau touring,” ujarnya.

Iksan memaparkan, angka per kopling bisa dinaikkan sedikit. Contohnya dari yang standar 0,26 diubah menjadi 0,28. Selain itu untuk pengapian juga ditingkatkan kompresinya. “Jadi apinya dibuat biru semua, tidak lagi berwarna merah. Itu kompresinya padat,” saran Iksan.

Baca juga: 4 Tips Modifikasi Motor

Source: knalpot mobil untuk motor, knalpot racing, bengkel knalpot mobil, knalpot, motor standar kencang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply