Home Mobil 3 Fungsi Sandaran Kursi Mobil yang Mungkin Belum Anda Ketahui

3 Fungsi Sandaran Kursi Mobil yang Mungkin Belum Anda Ketahui

0 89

Fungsi Sandaran Kursi Mobil, Setiap mobil yang dijual di pasaran biasanya memiliki sandaran kepala atau disebut juga dengan istilah headrest. Pastinya Anda yang memiliki mobil pribadi sudah tidak asing dengan benda ini. Biasanya headrest diletakkan di jok pengemudi, penumpang depan, tengah sampai kursi belakang.

Headrest merupakan singkatan dari head restraint. Sandaran ini pertama kali ditemukan dan didesain pada tahun 1950-an di Amerika. Fungsi dari benda ini adalah supaya pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman. Apalagi jika pengguna harus menempuh perjalanan panjang. Dengan adanya sandaran pada kursi mobil, pengemudi dan penumpang dapat menyandarkan kepala.

Namun rupanya headrest mobil ini memiliki fungsi lain yang mungkin tidak semua orang menyadarinya. Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan bahwa fungsi utama sandaran tersebut adalah untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan.

“Jadi fungsi utamanya itu menahan beban leher ketika terjadi benturan ke belakang. Sehingga, tidak patah dan meminimalisir kematian,” kata Anjar, dikutip dari Otomania.

Apabila sandaran kepala tidak ada, tulang leher pengemudi atau penumpang bisa patah. Sebab saat terjadi benturan sudah pasti akan terdorong. “Itu dari sisi keamanan, tetapi dari sisi lainnya bisa membuat nyaman ketika perjalanan jauh. Posisi leher ditahan oleh sandaran kepala,” ungkap Anjar.

headrest-mobil-2

Sebagai informasi, Institute for Traffic Accident Research and Data Analysis, Jepang  menyebutkan bahwa akibat benturan dari belakang paling banyak cedera dialami leher (91,8%). Sedangkan wilayah pundak mencapai 3,1% dan muka 2,6%.

Selain untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna, masih ada fungsi tersembunyi dari sandaran kursi mobil. Ketika headrest dilepas, Anda akan menjumpai besi cukup panjang yang ujungnya dibuat meruncing. Bagian ini dapat dimanfaatkan untuk memecahkan kaca mobil. Hal ini bermanfaat ketika mobil mengalami kebakaran atau terjadi kecelakaan dan mobil tergencet sehingga pintu tidak dapat dibuka.

Oleh karena itu, sebelum pergi dengan menggunakan mobil, jangan lupa untuk mengatur posisi sandaran kepala. Buatlah senyaman mungkin sehingga kepala tidak cepat lelah dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Selain itu jangan pernah melepas sandaran kepala. Biasanya ada orang yang melepasnya karena dianggap kurang menarik. Hal tersebut tentu berbahaya ketika sedang berada di jalan.

Baca juga: Cara Membersihkan Jok Kulit pada Mobil

Source: sandaran kursi mobil mirage, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply