Home Auto News Spesifikasi Mesin Kawasaki Versys-X 250, Warisan dari Ninja 250

Spesifikasi Mesin Kawasaki Versys-X 250, Warisan dari Ninja 250

Kawasaki Versys-X 250, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi menghadirkan produk terbarunya, yakni Versys-X 250 dan Versys-X 250 Tourer. Motor ini sebelumnya sudah diperkenalkan kepada publik dunia melalui ajang EICMA 2016 pada awal November kemarin. Hanya saja pada pameran tersebut motor Kawasaki ini mengusung mesin 300.

Versys-X 250 dihadirkan untuk pengendara yang suka melakukan perjalanan jauh. Seperti yang diketahui, ada banyak jumlah komunitas yang sering melakukan touring sekaligus menikmati keindahan alam Indonesia. Hal inilah yang menarik perhatian KMI untuk menghadirkan motor sport touring terbarunya ke Indonesia.

Melirik dapur pacunya, motor ini mengandalkan basis mesin yang sama dengan Ninja 250. Padahal kedua motor tersebut memiliki peruntukan yang berbeda. Walaupun sama, Kawasaki melakukan ubahan sesuai kegunaannya.

“Ya, frame beda tapi mesin basisnya sama. Tentunya dengan fine tuning yang berbeda sesuai peruntukannya,” kata Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 dari Engineer Department, R&D Division, Motorcycle & Engine company, Kawasaki Heavy Industries, dikutip dari Otomotifnet.

Mesin Kawasaki Versys-X 250 tetap memakai 249 cc dua silinder. Bore dan stroke 62.0 mm dan 41.2 mm. Tenaga yang dapat dihembuskan mesin ini mencapai 33,3 dk pada putaran mesin 11.000 rpm dengan torsi maksimum 21,7 Nm pada 10.000 rpm.

kawasaki-versys-x-250-indonesia-2

Namun setingan akhirnya berbeda dari mesin milik Kawasaki Ninja 250. Dijelaskan bahwa Versys-X 250 merupakan motor yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan touring dengan torsi yang kuat sejak rpm rendah dan sedang. Hal tersebut diperlukan untuk memfasilitasi manuver pada kecepatan rendah yang akan sering dilakukan selama kegiatan touring.

Baca juga: Perbedaan Kawasaki Versys-X 250 Standar dan Tourer

Tidak hanya melakukan ubahan pada setingan ECU, Kawasaki juga menyematkan knalpot berdesain baru. Saluran gas buang ini mempunyai lekukan pipa yang melengkung rapat. Wada mengatakan bahwa knalpot tersebut didesain ulang untuk meningkatkan torsi.

Spesifikasi mesin Kawasaki Versys-X 250 Indonesia:

  • Type :Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
  • Displacement : 249 cm3
  • Bore and Stoke : 62.0 x 41.2 mm
  • Compression ratio : 11.3:1
  • Valve system : DOHC, 8 valves
  • Fuel system : Fuel injection: ø28 mm x 2 with dual throttle valves
  • Ignition : Digital
  • Starting : Electric
  • Lubrication : Forced lubrication, wet sump
  • Max Power : 33,3 Dk @ 11.000 rpm
  • Max Torque : 21.7 N.m @ 10.000 rpm

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply