Home Motor Motor Matic Cara Merawat Motor Matic, Cek 5 Komponen Ini

Cara Merawat Motor Matic, Cek 5 Komponen Ini

0 252

Cara Merawat Motor Matic, Musim hujan telah tiba, itu artinya para pemilik sepeda motor harus mencurahkan perhatian ekstra pada motor kesayangannya. Sebab di musim hujan permasalahan yang bisa menimpa pada motor bisa lebih banyak daripada saat musim kemarau. Salah satu permasalahan yang bisa menimpa para pemilik motor adalah mogok.

Hal ini bisa dialami oleh motor apapun, termasuk motor matic. Bila kendala tersebut menimpa Anda, pasti dapat merepotkan Anda ketika beraktivitas. Untuk itu alangkah baiknya meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan komponen-komponen pada motor matic.

Menurut Cannibalcycle yang dikutip dari Liputan6, ada beberapa komponen yang patut Anda periksa dalam rangka merawat motor matic. Berikut adalah komponen-komponen tersebut:

Busi

Komponen yang tak terpisahkan dari motor ini menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan. Alasannya busi memiliki tugas penting dalam proses pembakaran pada mesin. Jika pengapiannya tidak bagus, maka akan berpengaruh pada performa mesin. Anda harus melakukan penggantian busi setiap 8 ribu sampai 10 ribu kilometer.

Filter udara

Ketika mesin beroperasi, bensin akan dicampur dengan udara di ruang bakar. Udara yang masuk tidak boleh bercampur debu, sebab jika kotor akan mempengaruhi kondisi mesin. Oleh karena itu kondisi filter udara harus diperhatikan secara berkala. Terlebih kita tinggal di daerah dengan iklim tropis.

Jika kotor, filter udara dapat dibersihkan dengan kompresor. Namun jangan lupa untuk melakukan penggantian komponen ini setiap 15.000 kilometer.

CVT

Motor matic memiliki sistem penyalur tenaga yang berbeda dengan motor manual. Jika pada motor manual mengandalkan gigi untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda belakang, untuk motor matic memakai CVT. Perhatikan kebersihan komponen ini, sebab jika kotor tentu dapat mempengaruhi performa motor. Umumnya komponen yang membutuhkan perhatian adalah roller, v-belt, dan kampas kopling.

Kampas rem

Walaupun terdengar sepele, namun jangan melupakan kondisi sistem pengereman. Komponen ini memiliki peran penting dalam menghentikan laju motor matic. Periksa kampas rem secara berkala untuk memastikan kondisinya. Jangan lupa untuk mengganti kampas rem jika pengereman sudah tidak maksimal atau melewati batas pemakaian.

Ban

Ban menjadi komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan. Ada beberapa permasalahan yang sering dialami pemilik motor, seperti bocor, kurang angin sampai tapak ban yang gundul. Oleh karena itu periksa berkala agar perjalanan aman dan nyaman selalu.

Baca juga: Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply