Home Honda Tips Mencuci Motor Honda CBR250RR 2 Silinder

Tips Mencuci Motor Honda CBR250RR 2 Silinder

0 170

Honda CBR250RR 2 Silinder, Honda CBR250RR menjadi salah satu motor yang cukup menyita perhatian di Tanah Air. Kehadirannya dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Bahkan penjualannya dapat mencapai ribuan unit dalam waktu relatif singkat.

Motor Honda ini dilengkapi dengan beberapa fitur baru. Salah satu diantaranya adalah teknologi throttle by wire (TBW). Dengan demikian, All New CBR250RR tidak lagi memakai kabel gas seperti yang dipakai motor sport 250 cc lainnya.

Sistem TBW bekerja dengan Accelerator Position Sensor (APS) yang terletak di sisi kiri grip gas. APS akan mendeteksi secara otomatis putaran selongsong gas dan mengirimkan sinyal elektrik ke ECU.

Mengingat motor sport ini memiliki sederet fitur baru, maka sudah sepatutnya pemilik tidak mengabaikan kondisi dan perawatannya. Tak terkecuali ketika akan mencuci motor.

Dikutip dari Liputan6, Yudi Heriyadi, Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (main dealer Honda Jawa Barat) mengungkapkan bahwa fitur yang disebutkan di atas harus mendapat perlakuan khusus terutama saat mencuci motor. Disarankan untuk tidak menyemprotkan air bertekanan tinggi di bagian tersebut.

“Kenapa kami tidak sarankan mencuci dengan air bertekanan tinggi karena air itu bisa masuk disela-sela grip,” jelasnya.

Ia menerangkan, walaupun fitur tersebut dilindungi seal namun saat disemprot air bertekanan tinggi dikhawatirkan air dapat masuk ke dalamnya. Apabila hal tersebut terjadi, kinerja sistem pengatur kecepatan dan bukaan throttle bisa terganggu.

“Kalau (air) sudah masuk di dalam itu ada sensor, dan IC (Integrated Circuit), dikhawatirkan sistemnya bisa rusak atau korslet,” kata Yudi.

Di samping itu, perhatikan pula bagian kiri setang. Perlu diketahui, di setang kiri terdapat banyak tombol pengatur. Selain tombol pengatur lampu dan klakson juga terdapat tombol riding mode. Tombol ini memungkinkan pengendara untuk memakai salah satu dari tiga mode yang ditawarkan, yakni Comfort, Sport dan Sport+.

“Saklar kiri juga disarankan untuk tidak disemprot dengan air bertekanan tinggi karena tombol riding mode terhubung juga ke ECU,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yudi menyarankan untuk menyiramnya dengan air yang mengalir. “Kalau cuma disiram bisa kan air langsung jatuh,” ucapnya.

Baca juga: Honda CBR250RR 2 Silinder Versi Balap Sedang Dikembangkan

Source: 10 cara merawat all new honda CBR250RR 2 silinder, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply