Home Motor Tips Perawatan Rem ABS Motor, Ternyata Tidak Sulit

Tips Perawatan Rem ABS Motor, Ternyata Tidak Sulit

0 208

Perawatan Rem ABS Motor, Di zaman sekarang, sepeda motor semakin canggih. Kini banyak pabrikan yang menawarkan fitur-fitur inovatif dan canggih sehingga memudahkan pengendara ketika sedang berkendara. Salah satu fitur yang mulai banyak diadopsi sepeda motor adalah anti-lock braking system (ABS).

Awalnya fitur ini hanya umum dijumpai pada kendaraan roda empat. Namun seiring berjalannya waktu fitur penunjang keselamatan berkendara ini juga hadir pada kendaraan roda dua. Fungsi sistem ini tidak jauh berbeda dengan yang disematkan pada mobil. Yaitu untuk mencegah roda mengunci saat pengereman. Dengan begitu risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir.

Sama halnya dengan komponen lain, fitur ABS juga membutuhkan perawatan. Hal ini bertujuan untuk membuatnya tidak mudah rusak.

Dikutip dari KompasOtomotif, Endro Setiaji, mekanik Honda Jawa Tengah dari AHASS Kurnia Agung Kendal memberikan tips seputar perawatan rem ABS motor. Cara tidak sulit dan sederhana sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

“Perawatan ABS sama dengan rem non-ABS lainnya, terutama kebersihan disekitar cakram dan sensor speed. Pasir atau kotoran berlebihan bisa sangat mengganggu pengereman dan fungsi sensor speed ABS. Jadi, jaga selalu kebersihannya agar tahan lama,” kata Endro.

Baca juga: Teknik Pengereman Sepeda Motor

Di samping itu, merawat sistem rem ABS hanya cukup dilakukan secara disiplin. Para pemilik motor hanya perlu melakukan servis berkala di bengkel resmi sesuai dengan jadwal periodic maintenance yang ditentukan masing-masing pabrik.

Endro mengatakan, sistem ABS tidak akan rusak lantaran motor melalui jalan rusak atau dicuci dengan steam bertekanan tinggi. Alasannya sistem tersebut didesain tertutup sehingga tidak mudah kemasukan benda asing. Selain itu keausan cakram dan kanvas rem juga tidak mempengaruhi fungsi ABS. Hal tersebut hanya mengurangi efektivitas pengereman.

“ABS bisa rusak apabila motor terjatuh atau tertabrak (kondisi extrim). Selain rusak ABS juga bisa tidak berfungsi normal (bukan rusak), penyebabnya adalah apabila dilakukan modifikasi pada komponen ban atau roda,” terang Endro.

Ciri rem ABS bermasalah

Ada kalanya rem ABS pada motor mengalami permasalahan. Oleh karena itu pengendara perlu mengetahui bagaimana cara mendeteksi gangguan pada sistem ABS. mengenai hal tersebut, Endro mengungkapkan cara termudah mengetahui adanya gangguan adalah dengan melihat lampu indikator ABS di speedometer. Selain itu ada tanda-tanda lain yang dapat menjadi salah satu tanda bahwa ABS mengalami permasalahan.

“Jadi sebetulnya, pabrikan sudah sangat membantu dengan sensor yang ada. Namun, walaupun ABS tidak berfungsi, maka fungsi pengereman akan berfungsi sesuai pengereman rem standar (tidak berarti rem akan blong),” paparnya.

Supaya lebih waspada, pemilik motor perlu mengetahui cara kerja sistem ini. Dengan begitu pengendara dapat merasakan ketika ABS tidak berfungsi.

Endro mengatakan, secara mekanis fungsi ABS dapat dirasakan oleh pengendara. Cirinya adalah tuas rem terasa sedikit mantul (ada kick back). Hal ini menandakan bahwa sistem ABS bekerja. Akan tetapi jika pengendara tidak merasakan kick back, maka perlu membawanya ke bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Peranti yang satu ini tidak memiliki batas umur tentu. Yang perlu dilakukan pemilik adalah melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi dan melakukan penggantian oli rem periodik setiap dua tahun.

Itulah tips perawatan rem ABS motor yang bisa Anda pelajari. Seperti yang diketahui, harga motor dengan tambahan fitur ABS memang lebih mahal. Maka dari itu perhatikan kebutuhan Anda, apakah Anda memerlukan motor dengan fitur ini atau tidak. Selain itu jangan mengabaikan kondisi rem ABS sehingga Anda bisa selalu berkendara dengan nyaman.

Source: Perawatan rem abs, prosedur pemeriksaan sistem rem mobil, rem motor abs bermasalah, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply