Home Motor Cara Menjaga Performa Motor, Lakukan Tips Berikut

Cara Menjaga Performa Motor, Lakukan Tips Berikut

0 268

Cara Menjaga Performa Motor, Seiring pemakaian dalam jangka panjang, sepeda motor harus mendapat perhatian khusus. Terlebih jika sang pemilik sangat sering menggunakan motor untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Umumnya motor yang mempunyai jam terbang tinggi mengalami gejala mesin ngelitik dan tarikan loyo. Jika Anda juga merasakan gejala tersebut, sebaiknya Anda segera melakukan penanganan lebih lanjut agar performa motor kembali normal.

Dilansir dari Otomania, Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center mengatakan bahwa dalam jangka waktu satu tahun sebenarnya pemilik motor harus memeriksa beberapa hal.

“Pemeriksaan satu tahun itu banyak turunannya, minimal ada dua faktor yang wajib diperhatikan, yakni performa dan safety. Untuk urusan performa bila mesin sudah loyo silakan cek tekanan kompresinya, bila sudah tidak standar kemungkinan besar harus turun mesin  kecil untuk melakukan skir klep,” papar Rangga.

Ia menjelaskan, dengan melakukan skir klep atau pembersihan ruang bakar, kerapatan seating klep dengan klep akan menjadi terjaga. Dengan begitu tidak ada jarak atau gap yang dapat menyebabkan kompresi keluar dan membuat kebocoran.

cara-menjaga-performa-motor-2

Perlu dicatat, proses kompresi di dalam ruang bakar terdiri dari campuran udara dan bahan bakar yang masuk melalui klep. Sempurna atau tidaknya proses tersebut dipengaruhi oleh rapatnya ring piston dan klep-klepnya. Apabila terdapat kebocoran, maka tenaga menjadi berkurang.

Rangga mengatakan, ruang bakar dibersihkan dari sisa karbon hasil pembakaran yang sudah menumpuk. Biasanya jika terdapat kebocoran akan menyebabkan tenaga motor loyo dan mesin menjadi ngelitik.

Di samping membersihkan ruang klep, masih ada sejumlah komponen lain yang patut diperhatikan supaya performa motor tetap prima. Beberapa diantaranya adalah kebersihan filter udara hingga kondisi busi. Jika penggunaan usia busi sudah melebihi batas yang ditentukan, disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Hal yang sama juga berlaku untuk filter udara.

Perawatan motor merupakan salah satu tugas Anda sebagai pemilik motor. Jangan mengabaikan hal tersebut, karena Anda bisa dibuat kerepotan jika nantinya komponen-komponen motor bermasalah. Selain itu motor yang rajin diservis akan memiliki poin plus saat dijual di pasar motor bekas.

Baca juga: Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply