Home Mobil Cara Mengatur Spion Mobil yang Benar

Cara Mengatur Spion Mobil yang Benar

0 736

Cara Mengatur Spion Mobil yang Benar, Untuk menunjang keselamatan pengguna mobil selama perjalanan, pabrikan sudah menyertakan sejumlah fitur. Mulai dari yang sederhana hingga paling canggih. Salah satunya adalah kaca spion.

Komponen yang satu ini memiliki tugas yang sangat penting dalam hal keselamatan berkendara. Maka dari itu jangan mengabaikan kaca spion ini. Pada mobil umumnya ada 3 kaca spion, yaitu kiri, kanan dan tengah. Ketiga kaca ini memiliki tugas masing-masing untuk membantu pengemudi melihat kendaraan yang datang dari arah samping maupun belakang mobil.

Meskipun diletakkan terpisah, ketiganya saling berkaitan dan memiliki peran penting, khususnya ketika mobil melesat di jalan raya. Hanya saja tidak sedikit pemilik mobil yang belum paham bagaimana cara mengatur kaca spion yang benar. Hal tersebut akhirnya memunculkan area yang tidak terpantau atau istilah lainnya adalah titik buta (blind spot).

Perlu diketahui, blind spot bisa membahayakan Anda ketika sedang berkendara. Sebab Anda menganggap tidak ada kendaraan lain di sekitar mobil, padahal sebenarnya ada kendaraan lain dengan jarak yang cukup dekat. Oleh karena itu, untuk menghindari banyak area blind spot, ada baiknya untuk mengatur kaca spion mobil sebaik mungkin. Berikut adalah cara mengatur spion mobil yang baik dan benar, dikutip dari Okezone.

Jika ingin mengatur kaca spion, lebih baik lakukan ketika mobil sedang dalam keadaan diam. Lalu atur posisi duduk Anda dan cari posisi yang nyaman.

Sementara untuk pengaturan kaca spion, untuk kaca spion kanan dan kiri arahkan keluar namun jangan terlalu berlebihan. Usahakan bodi belakang mobil terlihat sebagian. Hal ini dilakukan agar pandangan pengemudi ke arah samping lebih luas. Hal ini juga akan memudahkan pengemudi ketika hendak parkir mundur.

Lalu untuk kaca spion tengah, sesuaikan dengan posisi pandang pengemudi. Apabila kurang pas, gerakkan spion ke arah samping dan depan. Aturlah posisi kaca spion tengah sedemikian rupa sehingga pengemudi dapat melihat objek di belakang dan samping mobil melalui spion. Dengan begitu mobil yang posisinya jauh di belakang dapat terlihat dengan jelas oleh pengemudi.

Dan yang terakhir, kaca spion bukanlah alat penunjang keselamatan utama. Anda juga harus aktif menengok ke kanan dan kiri saat hendak berbelok atau pindah jalur. Yang terpenting, berkendaralah dengan baik dan aman serta hindari melakukan tindakan agresif yang dapat memicu kecelakaan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Rusak

Source: posisi spion mobil yang benar, cara menyetel kaca spion mobil, posisi kaca spion mobil yang benar, menyetel kaca spio, mengatur spion mobil yang benar, cara seting kaca spion mobil, cara melihat spion mobil, cara mengecek kaca spion mobil, cara mengatur spion mobil swift 2007, cara mengatur spion mobil avanza, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply