Home Mobil Mengenal Ban Mobil Eco Lebih Dekat

Mengenal Ban Mobil Eco Lebih Dekat

0 221

Ban Mobil Eco, Menghemat bahan bakar kendaraan saat ini menjadi fokus para pengguna kendaraan. Hal ini disadari oleh produsen mobil dan motor dengan menghadirkan produk yang memiliki kemampuan menghemat pemakaian BBM. Ada beragam cara yang dilakukan pabrikan sehingga konsumsi bahan bakar kendaraan buatannya menjadi lebih efisiensi. Mulai dari fitur eco, teknologi canggih, hingga pemangkasan bobot kendaraan.

Pada mobil tentu sebagian masyarakat sudah tidak asing dengan mode eco. Selain fitur ini, masih ada pula auto engine start-stop. Fitur ini memungkinkan menonaktifkan beberapa silinder mesin ketika dianggap tidak perlu.

Kita selaku pemilik kendaraan juga bisa melakukan kiat-kiat supaya kendaraan yang dipakai tidak boros BBM. Seperti cara berkendara yang tidak agresif atau memanfaatkan mode eco yang tersedia pada beberapa mobil.

Dikutip dari Autobild, selain cara di atas Anda juga bisa memakai ban yang dapat menghemat konsumsi BBM. Ban dengan label eco mulai banyak tersedia di pasaran. Ban tersebut diklaim dapat membuat mobil menjadi lebih hemat bahan bakar. Hal ini dikarenakan rolling resistance yang rendah.

Lalu apa yang dimaksud dengan rolling resistance? Rolling resistance atau hambatan gulir merupakan tenaga yang menghambat laju sebuah objek. Intinya, ketika terjadi kontak antara ban dengan permukaan jalan, friksi yang dihasilkan sebenarnya menghambat laju sebuah kendaraan.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa ban tersebut adalah ban eco?

Cara paling mudah untuk membuktikannya adalah dengan melihat keterangan produk pada ban. Apabila terdapat tulisan eco atau keterangan lain yang merujuk pada hal efisiensi, maka dapat disimpulkan bahwa ban tersebut adalah ban eco.

Seperti yang dijelaskan di atas, ban eco mempunyai rolling resistance yang lebih rendah. Bahkan lebih rendah dibandingkan ban mobil biasa. Agar dapat mencapai rolling resistance yang rendah, ada beberapa cara yang ditempuh pabrikan.

Salah satunya adalah telapak ban. Telapak ini merupakan bagian ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karena itu bagian tersebut paling banyak mendapat ubahan dibandingkan ban konvensional. Cara yang dilakukan adalah dengan mencampurkan lebih banyak kandungan silica pada thread compound. Silika merupakan material yang juga terkandung dalam kaca.

“Permukaan kaca itu licin ketika dipegang. Nah, dengan kandungan silika lebih banyak, ban diharapkan lebih mudah menggelinding dan tidak terlalu memberikan rolling resistance yang besar saat dipakai berkendara,” kata Zulpata Zainal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tyre Indonesia.

Jika ingin membandingkan performa ban eco dengan ban konvensional ada cara mudah yang bisa dilakukan. Caranya dengan mengukur siapa yang melaju paling jauh saat mobil dilepaskan pada jalan menurun dengan kondisi mesin mati.

Itulah ulasan seputar ban mobil eco. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Cara Mengganti Velg Dan Ban Mobil

Source: gambar ban mengkilap, mengenal lebih banyak tentang ban, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply