Home Mobil 10 Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

10 Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil

0 230

Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil, Musim libur anak sekolah telah tiba. Di saat seperti ini biasanya para orangtua memiliki rencana untuk pergi berlibur bersama anak tercintanya. Berlibur memang tidak harus di luar kota. Bisa juga di dekat tempat tinggal. Namun bagi sebagian orang yang sudah bosan dan ingin pergi ke tempat wisata yang letaknya jauh dari tempat tinggal, maka bisa memanfaatkan kendaraan umum ataupun mobil pribadi.

Ada beberapa pertimbangan jika menggunakan transportasi massal. Bertepatan dengan libur sekolah dan libur akhir tahun yang akan tiba sebentar lagi, maka kemungkinan besar akan semakin banyak yang memanfaatkan kendaraan umum. Lain halnya dengan memakai mobil pribadi yang akan membuat Anda dan keluarga lebih leluasa.

Jika keputusan Anda sudah bulat, maka Anda harus memahami tips berkendara mobil. Perlu diketahui, perjalanan jauh tentu membutuhkan fokus yang lebih tinggi dan kondisi tubuh yang baik. Dengan begitu perjalanan Anda akan lebih menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Di bawah ini akan dibahas mengenai tips perjalanan jauh menggunakan mobil yang bisa Anda pahami, dikutip dari Liputan6:

Selalu pakai sabuk pengaman ketika berkendara

Sabuk pengaman sangat penting untuk dipakai, terlebih jika perjalanan yang di tempuh tidak sebentar. Alat penunjang keselamatan ini dapat menghindarkan Anda dari risiko fatal ketika terjadi kecelakaan. Maka dari itu jangan menganggap remeh sabuk pengaman.

Sesuaikan kaca spion samping dan belakang

Berikutnya jangan lupa untuk menyesuaikan kaca spion mobil sehingga pandangan Anda tidak terganggu. Pandangan yang jelas akan memudahkan Anda ketika ingin menyalip.

Mengemudi dengan tenang

Selama perjalanan, hindari untuk mengemudi secara agresif. Akan lebih baik jika Anda berkendara dengan tenang dan mengutamakan keselamatan. Selain itu terapkan pula toleransi bagi pengendara lain.

Fokus saat berkendara

Sudah menjadi kewajiban untuk setiap pengendara agar selalu menjaga konsentrasi selama berkendara. Hal ini akan membuat Anda selalu waspada terhadap kondisi di sekitar mobil. Hindari penggunaan gadget atau ponsel selama mengemudi sebab hal tersebut dapat mengganggu fokus Anda.

Jaga jarak aman

Yang tak kalah penting adalah menjaga jarak aman antara mobil Anda dengan kendaraan lain di depan. Caranya bukan diukur dari jarak kecepatan mobil, melainkan jarak tiga detik antara kendaraan di depan.

Baca juga: 5 Tips Menyewa Mobil

Sesuaikan perpindahan gigi

Ketika mengemudi, disarankan untuk memacu mobil dengan kecepatan mesin rendah dan rentang ideal antara 1.500-2.500 rpm.

Manfaatkan momentum kendaraan

Berikutnya adalah manfaatkan momentum kendaraan sehingga konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih hemat. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginjak pedal gas secara perlahan setelah berhenti seperti di lampu merah.

Matikan mesin di saat tertentu

Ketika kondisi lalu lintas macet parah dan mobil berhenti dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa mematikan mesin. Membiarkan mesin tetap menyala meski mobil dalam keadaan berhenti akan berdampak pada konsumsi BBM.

Cek tekanan angin ban

Walaupun sepele, jangan pernah melupakan tekanan angin ban. Pastikan ban tekanan angin ban mobil Anda sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan. Cara mengetahui ukuran pemakaian dari pabrikan mobil dapat Anda lihat dari sisi pintu bagian dalam.

Jangan membawa beban berlebihan

Hal terakhir yang patut Anda ingat adalah jangan membawa barang terlalu banyak. Bahkan Ada pula pemilik yang meletakkan barang di atas atap lantaran banyaknya barang yang dibawa. Perlu diketahui, membawa beban berlebihan akan membuat bobot kendaraan bertambah.

Di samping itu peletakan barang di atas atap dapat mempengaruhi aerodinamis mobil. Sementara bobot berlebihan di bagian belakang dapat membuat bagian depan lebih ringan. Hal tersebut akan membuat setir kemudi lebih liar karena enteng.

Demikian adalah 10 tips perjalanan jauh menggunakan mobil. Semoga liburan Anda bersama keluarga menyenangkan. Jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply