Home Mobil 5 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudah

5 Cara Merawat Interior Mobil dengan Mudah

0 346

Cara Merawat Interior Mobil, Di Indonesia sudah ada banyak masyarakat yang memiliki mobil. Mobil memang memudahkan aktivitas penggunanya, terlebih jika sering pergi ke luar kota. Salah satu agenda rutin yang tidak boleh dilewatkan para pemilik adalah perawatan. Mobil membutuhkan perawatan secara berkala, karena seiring pemakaian tentu ada komponen yang mengalami penurunan performa sehingga perlu dibenahi atau diganti.

Selain perawatan komponen-komponen mobil, alangkah baiknya pemilik juga memperhatikan kondisi interior. Hal ini memang tidak terkait langsung dengan performa kendaraan. Akan tetapi jika interior selalu dalam keadaan terawat, pengguna dan penumpang tentu akan merasa lebih nyaman selama perjalanan.

Berikut akan kami paparkan mengenai tips perawatan interior mobil. Perawatan bisa Anda lakukan sendiri ketika senggang, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana lebih. Berikut adalah cara merawat interior mobil dengan benar, sebagaimana dilansir Liputan6:

Perawatan jok mobil

Untuk bagian ini, Anda bisa membersihkannya dengan menggosok semua bagian jok memakai lap kering. Supaya lebih bersih, Anda dapat memanfaatkan alat penyedot debu untuk membersihkan area yang sulit terjangkau.

Selanjutnya pakai cairan pembersih jika Anda menjumpai adanya noda. Namun perlu dicatat, jangan menuang cairan terlalu banyak. Cukup sedikit demi sedikit dan sikat perlahan dengan sikat gigi yang tidak terpakai.

Supaya jok mobil lebih tahan lama, Anda bisa melapisinya dengan seat cover atau pelapis jok. Anda dapat memilih pelapis jok yang terbuat dari bahan beludru, kulit asli ataupun imitasi. Akan tetapi jangan lupa untuk merawat pelapis jok sehingga kondisinya tetap baik dan terbebas dari bau tidak sedap.

Membersihkan dashboard

Seperti yang diketahui, dashboard merupakan bagian interior yang paling terlihat jelas dari luar maupun dalam mobil. Dashboard berada di bagian paling depan sehingga berpotensi terkena sinar matahari dan debu saat pengguna membuka tutup kaca. Debu atau kotoran yang menempel perlu dibersihkan untuk menjaga tampilannya.

Gunakan cairan pembersih yang dijual bebas di pasaran untuk membersihkan permukaan dashboard. Ketika membersihkan, segera lap agar tidak meninggalkan noda. Di samping itu pastikan Anda membersihkan sudut-sudut yang sulit dijangkau hingga ke lubang AC dan sekitar dashboard. Sesudah kering, Anda dapat mengoleskan cairan anti UV supaya permukaan dashboard tetap mengkilap dan menjaganya dari kelembapan.

Membersihkan langit-langit mobil

Bagian interior yang tidak boleh luput dari perawatan adalah langit-langit mobil. Biasanya banyak orang yang mengabaikan bagian ini. Padahal bisa saja bagian ini menyimpan debu. Untuk itu bersihkan secara berkala sehingga tetap elok dipandang.

Anda dapat menggunakan lap yang sudah dibasahi namun tidak terlalu basah. Setelah itu gunakan lap kering sehingga sisa-sisa air, debu dan kotoran yang tertinggal dapat meresap.

Baca juga: Menghilangkan Bau Asap Rokok Pada Kabin Mobil

Letakkan pengharum ruangan khusus mobil

Aroma tidak sedap atau apek bisa saja muncul di interior mobil. Jika dibiarkan tentu mengganggu Anda ataupun penumpang. Alhasil kenyamanan menjadi kurang maksimal. Untuk itu Anda dapat meletakkan pengharum sehingga kabin lebih wangi. Pilihlah pengharum yang aromanya tidak terlalu menyengat karena hal tersebut dapat menimbulkan efek pusing atau mual.

Gunakan karpet mobil yang mudah dibersihkan

Biasanya orang mempermanis interior mobil dengan menambahkan karpet mobil. Hal ini memang dapat membuat kabin menjadi lebih indah, namun ada yang perlu Anda pertimbangkan. Ketika memilih karpet, pilihlah yang mudah dibersihkan.

Karpet akan bersinggungan langsung dengan alas kaki penumpang. Hal ini akan membuat karpet mudah kotor, terlebih saat musim hujan seperti saat ini. Untuk itu akan lebih baik jika Anda memilih karpet yang terbuat dari bahan karet sintetis. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan untuk membersihkannya. Anda cukup membersihkan kotoran yang menempel dengan cara mencucinya dan dijemur hingga kering.

Demikian adalah cara merawat interior mobil. Semoga artikel di atas membuat Anda tergerak untuk selalu menjaga kondisi interior mobil.

Source: merawat interior mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply