Home Motor 6 Gejala Komstir Motor Rusak, Ada Apa Saja?

6 Gejala Komstir Motor Rusak, Ada Apa Saja?

0 245

Gejala Komstir Motor Rusak, Komstir merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. Sebab bagian ini dapat mempengaruhi handling motor ketika dipakai. Jika komstir bermasalah, maka pengendalian motor juga akan terganggu. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahui apa saja permasalahan yang timbul saat komstir rusak.

Oleh karena itu para pemilik motor perlu mengetahui hal tersebut, sehingga ketika gejala itu muncul pemeriksaan tidak hanya pada seputar roda saja. Sebenarnya kita sudah dapat mendeteksi permasalahan pada komstir sejak awal. Dilansir dari Otomania, Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center mengatakan bahwa ada ciri-ciri yang dapat menandakan bahwa komstir perlu mendapat perawatan.

“Kalau motor yang sering dipakai paling mudah untuk dikenali, cukup dengan merasakan apakah ada gejala yang aneh pada setang. Contohnya, tiba-tiba kemudi terasa berat, atau bergetar saat di kecepatan tinggi,” jelasnya.

Berikut adalah 6 gejala komstir mengalami masalah:

Setang terasa liar

Setang atau kemudi motor yang terasa susah dikendalikan merupakan salah satu indikasi bahwa komstir mengalami kerusakan. Umumnya ketika digunakan untuk berbelok setang akan sedikit melawan sehingga sulit dikendalikan.

Berat

Selain sulit dikendalikan, Anda juga patut waspada jika putaran setang terasa berat ketika dipakai bermanuver. Handling motor terkesan kaku sehingga akan menyulitkan pengendara ketika hendak berbelok. Hal ini juga menandakan adanya masalah pada komstir.

Suara

Gejala lain yang dapat Anda cermati adalah suara yang timbul dari setang motor. Jika komstir bermasalah, biasanya bisa muncul suara gemelutuk pada bagian setang, khususnya saat sedang melintasi jalan bergelombang atau melakukan pengereman mendadak.

Oblak

Jika kerusakan menimpa komstir motor, maka pelor bearing bisa mengalami aus. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan muncul gejala longgar. Terutama jika pelor tersebut sudah mulai lepas. Dampaknya komstir tidak stabil dan dudukan setang akan terasa oblak dari as bagian tengah.

Getar

Biasanya ada gejala getaran ketika motor dipacu dalam putaran tinggi. Getaran pada setang dapat terasa hingga ke seluruh badan. Lain halnya dengan getaran yang dihasilkan dari pelek.

Rem blong

Gejala terakhir adalah rem blong. Komstir motor yang rusak akan memunculkan gap atau jarak ketika hendak menggunakan rem depan. Dengan begitu jarak pengereman akan berubah. Tidak hanya itu, bisa jadi terasa seperti rem blong lantaran tidak pakem ketika akan digunakan.

Apabila Anda menemukan salah satu atau beberapa gejala di atas pada motor kesayangan, segera lakukan pemeriksaan pada komstir. Anda bisa membawanya ke bengkel resmi atau terpercaya untuk menangani permasalahan ini. “Berbahaya memaksa menjalankan motor dengan komstir rusak, selain bisa merugikan diri sendiri bila kehilangan kendali juga bisa membahayakan pengendara lain,” terang Rangga.

Demikian adalah 6 gejala komstir motor rusak yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi yang disampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: ciri komstir motor rusak, penyebab komstir rusak, apa itu komstir, ciri ciri homstir rusak, ciri ciri komstir motor rusak, ciri komstir motor kendor, komstir motor goplak apakah bahaya kalau dipakai, komstir rusak, kopstir motor rusak, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply