Home Mobil Tips Menghadapi Tilang Polisi, Lakukan Hal Ini

Tips Menghadapi Tilang Polisi, Lakukan Hal Ini

0 339

Tips Menghadapi Tilang Polisi, Belum lama ini masyarakat dibuat heboh dengan beredarnya video yang memperlihatkan seorang pengemudi mobil wanita yang menyerang polisi lalu lintas. Menurut laporan kejadian tersebut terjadi di jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur pada Selasa (13/12/2016) kemarin.

Dikutip dari Okezone, Jusri Pulubuhu, Road Safety Consultant menyayangkan sikap pengendara yang emosional. Terlebih jika disertai aksi melawan polisi yang sedang bertugas.

“Saya menyayangkan kejadian tersebut. Kelihatannya berusaha menyerang petugas. Harusnya tidak dengan cara seperti itu,” jelas Jusri yang menjabat sebagai Training Director Jakarta Defense Driving Consulting (JDDC).

Ia menambahkan, dalam kondisi berkendara di jalan, pengemudi harus tetap santun dan beretika. Apapun latar belakang profesinya.

Tilang memang menjadi momok bagi para pengguna kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Ada yang berusaha untuk menghindari tilang dengan melakukan berbagai upaya yang tidak dibenarkan. Padahal tilang ada supaya para pengguna jalan taat berlalu lintas sehingga terhindar dari kecelakaan yang dapat merenggut nyawa.

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika petugas kepolisian memberhentikan kendaraan yang kita gunakan. Berikut adalah tips menghadapi tilang:

Berhenti saat disetop polisi

Jika polisi menghentikan kendaraan Anda, jangan kabur. Berhentilah di tempat yang aman. Apabila pengemudi diberhentikan di jalur kanan, maka segera menepi ke sebelah kiri dan berhenti.

Jangan keluar dari mobil

Setelah menepi, dianjurkan untuk tidak langsung keluar dari mobil. Sebab hal ini bisa diindikasikan sebagai melawan. Yang perlu dilakukan cukup membuka kaca jendela dengan lebar. Tetap berada di mobil merupakan hal yang tepat, kecuali jika petugas kepolisian meminta pengemudi keluar dari mobil.

Dengar sangkaan petugas

Dengarkan baik-baik sangkaan dari polisi yang memberhentikan kendaraan Anda. Jangan sampai emosi dan kesal atas hal tersebut. Apabila tidak bersalah jangan melakukan tindakan disertai emosi. Dan jika memang salah, sudah selayaknya mengakui kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan.

Proses tilang

Apabila pengemudi memang melakukan kesalahan, ada baiknya meminta slip biru pada saat ditilang supaya langsung membayar denda tanpa proses pengadilan. Akan tetapi jika merasa tidak bersalah, maka bisa mengambil surat tilang slip merah untuk meneruskan ke tahap persidangan.

Jika ditilang tetapi tidak bersalah

Ada pengemudi yang diberhentikan polisi padahal tidak melakukan kesalahan apapun. Jika mengalami kejadian seperti ini dan kurang puas dengan sikap petugas yang menilang, Anda bisa melapor ke Divisi Profesi dan Pengamanan (DIV Propam) Polri dengan membawa cukup bukti. Berikut adalah hal yang harus Anda lakukan:

Catat identitas polisi

Mintalah identitas petugas mulai dari nama, pangkat sampai tempat berdinas. Hal ini menjadi pegangan dan bukti jika pengemudi merasa diperlakukan tidak adil.

Foto

Foto juga dapat dijadikan bukti kuat yang dapat dipakai jika merasa tidak bersalah. Namun jangan mengambil wajah polisi yang menilang, sebab hal tersebut bisa dianggap mengintimidasi. Cukup mengambil foto kendaraan yang ditilang, dengan background lokasi kejadian yang jelas. Usahakan untuk mengambil angle dengan background yang mudah diketahui tempatnya, seperti gedung atau hal lainnya.

Minta surat tilang

Minta surat tilang slip merah dari petugas yang memberhentikan Anda untuk melanjutkan ke tahap persidangan.

Hindari emosi

Perlu disadari, emosi tidak akan menyelesaikan masalah. Apalagi jika disertai sikap melawan petugas. Hal tersebut menandakan ketidaksantunan dalam berkendara. Di sisi lain tindakan tersebut dapat membuat jalanan menjadi macet dan mempermalukan diri sendiri di hadapan banyak orang.

Demikian adalah tips menghadapi tilang polisi yang bisa Anda lakukan. Tetaplah menjadi pengendara yang santun dan taat lalu lintas. Akui kesalahan jika memang melakukan pelanggaran dan hindari tindakan yang tidak perlu.

Source: foto mobil panther harga 40 sampai 80 juta, Tips menservis rem cakram depan motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply