Home Auto News Menebak Harga Toyota C-HR Indonesia

Menebak Harga Toyota C-HR Indonesia

Harga Toyota C-HR Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) diketahui sedang mempertimbangkan untuk memasarkan C-HR. Walaupun belum diputuskan akan dijual atau tidak, pihak TAM memberikan gambaran mengenai harga Toyota C-HR di Indonesia. Dikatakan bahwa harga mobil tersebut bisa sekelas dengan Fortuner. Jadi berapa kisaran harga produk terbaru Toyota itu?

Dikutip dari laman Otomotifnet, sebelum membahas mengenai harga C-HR pertama-tama kita lihat dulu Toyota RAV4 yang dimensi dan mesinnya berada di atas C-HR. mobil tersebut pernah dipamerkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Akan tetapi TAM tidak jadi menjual mobil Toyota tersebut lantaran harganya yang terlampau tinggi, yakni Rp 600 juta waktu itu.

RAV4 yang direncanakan meluncur di Tanah Air membawa mesin 2.0L (1.986 cc) yang memiliki tenaga puncak 151 dk dan dipadukan penggerak roda depan (FWD). Supaya dapat mengira-ngira harga Toyota C-HR, maka perlu dibandingkan dengan harga jual di Inggris yang menjadi negara pertama yang memasarkan C-HR.

Jika melihat laman Toyota Inggris, RAV4 dengan spesifikasi di atas dibanderol sebesar GBP 31.600 atau setara Rp 530 jutaan. Jika diasumsikan RAV4 di Indonesia pada tahun 2014 akan dijual Rp 600 juta, maka harga jualnya lebih tinggi sekitar 113 persen dari harga di Toyota.

Lalu untuk Toyota C-HR Icon yang mengusung mesin bensin turbo 1.2 L dengan tenaga 115 dk transmisi manual 6-percepatan dan penggerak roda depan dipatok dengan harga GBP 20.995 atau mencapai Rp 352 jutaan. Bila dikalikan 113 persen, maka harganya menjadi Rp 398 jutaan.

Dengan catatan harga tersebut adalah untuk C-HR varian termurah. Sementara varian termahal, C-HR Dynamic yang menggendong mesin turbo berpenggerak roda depan dipasarkan dengan banderol harga GBP 27.995 atau setara Rp 470 jutaan. Jika dikali 113 persen untuk harga kasar di Indonesia, maka menjadi Rp 531 jutaan. Jika hitungan tersebut benar, bisa dipastikan harga Toyota C-HR Indonesia lebih mahal dari All New Fortuner 4×2 SRZ dan VRZ di Indonesia.

Di sisi lain Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate, Vehicle Sales Planning Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM) juga cemas jika memasukkan varian mesin hybrid ke Indonesia. Ia khawatir harganya akan lebih tinggi dari C-HR Dynamic di atas.

“Kalau memasukkan varian hybrid, takut nanti nasibnya seperti RAV4 yang dulu mau kita masukkan dan harganya kemahalan,” jelasnya, yang ditemui pada acara Toyota Media Gathering Year End 2016.

Baca juga: Fitur dan Mesin Toyota C-HR 2017

Untuk menghindari harga yang melonjak tinggi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memproduksi mobil tersebut di dalam negeri. Hal ini juga gencar dilakukan oleh TAM. Contohnya Sienta dan Calya yang dibangun di pabrik baru Toyota Indonesia. Tidak menutup kemungkinan C-HR nantinya juga akan diproduksi secara lokal. Apabila hal ini benar, maka harga Toyota C-HR akan jauh lebih terjangkau dibanding perhitungan di atas.

Sebagai contoh nantinya Toyota bisa membenamkan mesin baru 2NR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.497 cc dengan output 109 dk pada mobil barunya itu. Mesin ini juga dipakai pada Grand New Avanza/Veloz, New Yaris dan Sienta. Apabila harga jual bisa turun Rp 300-400 juta, maka C-HR bisa menjadi ancaman bagi kompetitornya di segmen crossover. Seperti yang diketahui, pemain kuat di segmen tersebut adalah Honda HR-V

Semoga harga Toyota C-HR Indonesia nantinya bisa terjangkau sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari Toyota Indonesia.

Source: harga toyota chr di indonesi, toyota baru turbo harga 470 jt, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply