Home Auto News Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel, Apa yang Beda?

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel, Apa yang Beda?

0 387

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel, PT Suzuki Indomobil Sales memiliki produk baru yang akan dirilis di tahun 2017. Mobil tersebut adalah Suzuki Ertiga Diesel yang dinanti-nanti oleh sebagian masyarakat. Lantas seperti apa spesifikasi mobil keluarga berlambang ‘S’ ini?

Suzuki Ertiga Diesel SHVS merupakan low MPV yang mengusung mesin diesel generasi terbaru DDiS 200 dan dikombinasikan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Teknologi SHVS ini mengadopsi fitur kuncian yang biasa digunakan pada mesin hybrid. Diantaranya ISG (Integrated Starter Generator) yang seperti Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator.

Teknologi semi-hybrid seperti di atas bukan pertama kalinya diterapkan pada mesin diesel. Sebelumnya BMW X5 xDrive25d Advanced Diesel juga menggunakan teknologi seperti di atas. Hanya saja fitur-fitur yang digandrungi SHVS masih tergolong baru di kelasnya.

Melirik kompresi rasio MPV baru ini, Suzuki mengaturnya berada di angka 17,6 : 1. Lalu untuk tenaga yang dihembuskan lebih tinggi dari Chevrolet Spin. Yakni 88,5 dk pada putaran 4.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm.

Sebagai pembanding, Toyota Kijang Innova lama yang mengusung mesin diesel 2KD-FTV dengan transmisi manual juga dapat menghasilkan torsi sebesar 200 Nm. Torsi yang sama namun ukuran mobil yang lebih kecil bisa jadi akan menjanjikan performa yang lebih baik.

Di samping itu mesin D13A Suzuki Ertiga Diesel hanya mempunyai satu jenis transmisi, yaitu manual 5-percepatan. Memang sedikit merepotkan terutama jika pemilik tinggal di kota besar seperti Jakarta yang sering dilanda macet. Namun hal tersebut sedikit terobati dengan konsumsi bahan bakar yang diklaim irit, yakni mencapai 24,52 km/liter (tes India, Rule 115 of CMVR).

Adanya ubahan pada sektor mesin membuat bobot mobil ini juga bertambah signifikan. Menurut spesifikasi Ertiga di India, varian mesin bensin memiliki bobot 1.135 kg sampai 1.180 kg. Sementara mesin diesel naik menjadi 1.235 kg hingga 1.265 kg. dengan kata lain mesin diesel SHVS lebih berat 100 kg dari mesin bensin.

Selain bobot, tidak ada perbedaan lain dari Ertiga diesel. Dimensinya masih sama, yakni panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm dan wheelbase 2.740 mm.

Baca juga: Tips Membeli Suzuki Ertiga Bekas 2014

Source: spesifikasi suzuki ertiga, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply