Home Auto News Fitur Unggulan Yamaha Aerox 155 Indonesia

Fitur Unggulan Yamaha Aerox 155 Indonesia

0 377

Yamaha Aerox 155 Indonesia, Persaingan industri otomotif di Tanah Air semakin memanas. Setiap merek saling berlomba untuk menghadirkan motor terbaru andalannya. Tidak hanya unggul dalam hal tampilan, motor yang dipasarkan juga unggul dalam hal spesifikasi dan fitur. Harga juga harus dibuat kompetitif sehingga dapat diterima baik oleh konsumen.

Beberapa hal di atas tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pabrikan motor di Indonesia. Sebab menghadirkan produk yang dapat diterima baik oleh masyarakat tidak selamanya mudah. Hal ini juga dialami PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sebelumnya agen pemegang merek Yamaha itu menghadirkan Aerox 125LC di Indonesia.

Akan tetapi motor matic itu sepi peminat. Penjualannya tidak sesuai dengan target yang dipasang YIMM. Untuk itu beberapa waktu lalu Yamaha menghadirkan Aerox 155VVA yang terlihat lebih menjanjikan. Saudara NMAX ini hadir dengan dimensi bongsor dan desain sporty khas motor Yamaha.

Yamaha Aerox 155 tentu memiliki fitur andalan untuk menggoda konsumen roda dua. Apa saja fitur unggulan skutik baru Yamaha ini?

Sebagaimana mengutip dari Oto.com, Slamet Kasianom, Senior Technical PT YIMM membeberkan “rahasia” Aerox 155. “Aerox memang ditujukan untuk masyarakat muda dengan range umur 20-30 tahun,” kata Slamet.

Ia mengungkapkan bahwa motor ini menjawab kebutuhan masyarakat yang mendambakan motor matic berperforma tinggi dan kaya fitur.

Pada dasarnya ada beberapa fitur utama yang membuat Aerox terlihat kompetitif. Yang pertama adalah mesin berkapasitas. Motor ini mengandalkan mesin yang sama persis dengan NMAX, yakni 155 cc dengan pendingin cairan dan 4-klep. Selain itu pengatur katup variabel milik NMAX yang dinamai Variable Valve Actuation (VVA) juga disematkan pada motor matic ini. Fungsinya supaya mesin dapat mengeluarkan tenaga yang terus ada di putaran rendah hingga tinggi.

“Motor ini untuk digunakan sehari-hari (commuting), namun juga harus bisa diandalkan saat membutuhkan performa lebih,” ujar Slamet.

Motor ini memang memiliki bobot yang lebih ringan hampir 10 kg dari NMAX. Pada NMAX bobotnya mencapai 127 kg, sedangkan Aerox 155VVA berkisar 116-118 kg. dengan hal tersebut maka konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit.

Berikutnya motor ini mengandalkan fitur Smart Key System (SKS). Teknologi ini terdapat pada Aerox 155VVA tipe S. Fitur ini mirip dengan smart key yang terdapat pada mobil. Keuntungannya pengendara akan lebih mudah mengakses motor karena tidak perlu menggunakan anak kunci yang dicolokkan ke lubang.

“Remote cukup dikantongi, sistem akan mendeteksi secara otomatis. Begitu kunci terdeteksi cukup menekan kenop di dashboard untuk menyalakan motor,” ungkap Slamet.

Hadirnya fitur ini tentu akan memberikan keamanan yang lebih baik ketika pengendara dibegal. Sebab saat perampok merampas motor dari pemilik dan membawanya kabur mesin akan mati secara otomatis karena terpisah dari remote yang dibawa pemilik.

Di samping itu pengendara juga dapat mengunci dan membuka kunci kendaraan, menghidupkan sistem, membuka bagasi belakang hingga membuka laci dashboard dengan lebih mudah. Khusus pada laci sisi kiri terdapat soket DC 12V 1A yang dapat digunakan untuk mengisi daya gadget selama perjalanan.

Baca juga: Perbandingan Yamaha Aerox 155 vs Honda Vario 150

Fitur andalan selanjutnya adalah Smart Stop System (SSS). Fitur ini bertugas untuk menghidupkan dan mematikan mesin secara otomatis saat motor dalam kondisi berhenti selama 5 detik. Dengan teknologi ini pengendara dapat menghindari bahan bakar terbuang percuma. Untuk menghidupkan mesin cukup memutar tuas gas.

Tidak perlu khawatir daya aki terkuras, sebab PT YIMM sudah membuat sistem pendukung agar aki tidak tekor.

“Ada fitur battery saver dan juga Smart Motor Generator, sehingga konsumsi listrik untuk menyalakan motor lebih efisien,” kata Slamet. Fitur tersebut mengintegrasikan motor starter dengan konstruksi mesin sehingga proses menyala-matikan mesin dapat memanfaatkan kompresi silinder.

Di samping fitur-fitur tersebut, masih ada lagi fitur Antilock Braking System (ABS). Fitur ini mencegah penguncian rem sehingga pengendara terhindar dari risiko terjatuh. Fitur ini terdapat pada Aerox tipe S. Fitur lain yang dihadirkan pada Yamaha Aerox 155 Indonesia adalah instrumen full LED warna biru. Layar ini menampilkan beragam informasi, mulai dari putaran mesin, kecepatan, konsumsi bahan bakar hingga daya aki.

Source: aerox 155 cocok untuk usia 30 an, aki pada aerox 155, daya baterai accu berapa aerox, fitur unggulan aerox 155, kunci rahasia motor yamaha aerox, modifikasi nmax vs aerox, rahasia kunci motor yamaha aerox, yamaha aerox 155 modifikasi, yamaha aerox indonesia ada fitur smart stop system, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply